PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DALAM MENINGKATKAN BRAND RECOGNITION PEKEN SENGGOL GURAT
Abstract
Peken Senggol Gurat merupakan sebuah project pasar seni lokal yang digagas oleh pelaku budaya Komunitas Budaya Gurat Indonesia. Namun pada saat perilisan perdana di tahun 2022, persepsi audiens tentang Peken Senggol Gurat belum terhubung dengan baik. Perancangan ini memiliki dua tujuan yaitu; 1.) Merancang konsep identitas visual Peken Senggol Gurat, dan 2.) memvisualisasikan konsep identitas visual Peken Senggol Gurat. Perancangan ini menggunakan metode design thinking yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Teori yang diterapkan pada perancangan ini adalah teori identitas visual dan brand awareness. Hasil dari perancangan ini yaitu; 1.) Konsep identitas visual terdiri dari logo, warna, tipografi, aset grafis, dan layout. Logo menggunakan konsep logotype, warna menggunakan konsep kontras, tipografi menggunakan konsep vernakular, aset grafis menggunakan konsep garis, dan layout menggunakan konsep asimetris. 2.) Visualisasi konsep identitas visual terdiri dari logo, warna, tipografi, aset grafis, dan layout yang dilakukan dengan tahap merancang konsep, sketsa, dan editing. Identitas visual yang telah dirancang kemudian diterapkan pada kebutuhan desain Peken Senggol Gurat. Setelah penerapan karya, dilakukan uji coba dan analisis karya identitas visual. Berdasarkan uji coba karya desain yang telah dilakukan melalui kuisioner kepada responden, hasil kuisioner menunjukkan bahwa desain-desain yang telah dirancang mampu dijadikan identitas visual Peken Senggol Gurat ke depannya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.