“Lingkungan Sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Seni Rupa di Sekolah Dasar Lingkungan Seni Kabupaten Buleleng”

Authors

  • Luh Suartini Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Supir Universitas Pendidikan Ganesha

Abstract

Penelitian dengan judul Lingkungan Sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Seni Rupa di Sekolah Dasar Lingkungan Seni Kabupaten Buleleng ini mempunyai tujuan: Untuk mengungkap dan mendeskripsikan lingkungan sebagai sumber dan media pembelajaran seni rupa di Sekolah Dasar lingkungan seni di Kabupaten Buleleng, dan untuk mendeskripsikan nilai dan kualitas artistik karya seni rupa tema lingkungan siswa Sekolah Dasar lingkungan seni Kabupaten Buleleng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teori pendidikan seni rupa. Penelitian ini menghasilkan lingkungan bagi siswa SD kelas IV sampai VI di Buleleng Bali adalah lingkungan budaya, antara lain budaya Hindu, pewayangan, dan pertunjukan. Lingkungan ini kuat mempengaruhi anak-anak sejak mereka berusia dini. Pada masa Realisme Awal pun yang muncul adalah lingkungan budaya tersebut.

Kata kunci: Lingkungan, Sumber Belajar, Media Pembelajaran, Lingkungan Seni, SD Kabupaten Buleleng.

Downloads

Published

2024-05-06

Issue

Section

Articles