EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KOMPETENSI KEAHLIAN TIPTL SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Authors

  • Kadek Wibawa
  • Nyoman Santiyadnya
  • Gede Indrawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v7i1.20216

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik kompetensi keahlian (TIPTL) SMK Negeri 3 Singaraja. Bentuk Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini diperoleh secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi partisipasi pasif, wawancara terstruktur, dan kajian studi dokumen. Sumber data utama diperoleh dua orang guru  kelas XI dan data penunjang diperoleh dari enam orang siswa kelas XI TIPTL. Ada 3 proses analisis data meliputi analisis sebelum, selama, dan setelah di lapangan. Aktivitas analisis data selama di lapangan terdiri atas reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengujian keabsahan data dilaksanakan melalui validitas internal, validitas eksternal, uji dependability, dan uji conformability. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan antara lain. 1) komponen Rancangan Program Pembelajaran (RPP) yang disusun guru sudah sesuai dengan arahan Permendikbud No. 22 Tahun 2016, namun masih terdapat beberapa kekurangan. 2) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru meliputi pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. 3) evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru sudah mengacu pada Permendikbud No. 23 Tahun 2016 yang meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan, namun belum terealisasi secara maksimal karena terdapat item-item pada setiap aspek belum terlaksana semua.

Downloads

Published

2018-04-01