STUDI EVALUASI PROFESIONALISME GURU PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DITINJAU PERSEPSI SISWA XI MIA SMAN 4 SINGARAJA

Authors

  • Darma Suarya
  • Nyoman Santiyadnya
  • Putu Suka Arsa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v7i1.20217

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang profesionalisme guru mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan yang ditinjau dari persepsi siswa. Dimana profesionalisme tersebut dilihat dari empat standar kompetensi guru antara lain, kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Singaraja dengan melibatkan 70 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain, kuesioner, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan analisis data, didapatkan hasil antara lain 1) Profesionalisme guru mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan yang ditinjau dari persepsi siswa masih kurang. Dilihat dari kompetensi yang memenuhi kriteria hanya tiga kompetensi dari empat kompetensi yang disyaratkan oleh PP No.74 Tahun 2008 dan Permendiknas No.16 Tahun 2007, yaitu kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. 2) Pada kompetensi pedagogik guru belum memenuhi semua kriteria yang disyaratkan, yaitu kriteria perancangan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dimana guru dalam pembelajaran tidak selalu sesuai atau tidak berpedoman pada RPP.

Downloads

Published

2018-04-01