PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK KELAS X TITL DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Authors

  • Made Ambara
  • Agus Adiarta
  • Gede Indrawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v7i1.20218

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2017/2018.Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Singaraja, dengan sampel kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik 3 sebagai kelas eksperimen dan X Teknik Instalasi Tenaga Listrik 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data sampel dilakukan secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode  tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil post-test hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik kelas eksperimen yaitu 72,60, kelas kontrol yaitu 62,93 dan nilai thitung 5,210 >ttabel 1.998. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen yang menggunakan media video pembelajaran dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media video, sehingga terdapat pengaruh positif penggunaan media video terhadap hasil belajar siswa kelas X TITL di SMK Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2017/2018.

Downloads

Published

2018-04-01