PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANPROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP ALAT KOMUNIKASI PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN

Authors

  • Wayan Pradnyadinata
  • Putu Suka Arsa
  • Agus Adiarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v7i2.20223

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam melakukan pemecahan masalah, meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang mampu meningkatkan hasil belajar menjadi lebih baik. Pada model pembelajaran yang berbasis masalah yang dilakukan oleh peserta didik kelas X MIPA 1 di SMA N 4 Singaraja sebanyak 35 orang. Penelitian ini adalah sebuah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan metode pendekatan kualitatif deskriptif, yang merujuk dari model penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Dengan langkah-langkah pelaksanaanya, seperti; 1) Perencanaan tindakan, 2) Pelaksanaan Tindakan dan Observasi, 3) Refleksi. Hasil berikut merefleksikan bahwa penerapan dari model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif. Rata-rata hasil belajarmata pelajaran prakarya dan kewirausahaan konsep alat komunikasi dalam siklus I dan siklus II meningkat dari 70,94 menjadi 82,77 yang dikategorikan tinggi dari tingkat penguasaan materi (82,77 %). Jumlah peserta didik yang berada di atas kriteria ketuntasan minimal juga meningkat menjadi 88,57 % pada siklus II daripada ketuntasan minimal pada siklus I sebanyak 40 %. Hasil belajar mata prakarya dan kewirausahaan pada pengajaran konsep alat komunikasi telah mengalami peningkatan secara signifikan. Disisi lain, model pembelajaran problem based learning (PBL) terbukti cukup efektif digunakan pada konsep alat komunikasi.

Downloads

Published

2019-09-08