PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEKNIK LISTRIK DAN ELEKTRONIKA BERBASIS LECTORA INSPIRE 17

Authors

  • Puri Lasksani
  • Gede Ratnaya
  • Putu Suka Arsa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v7i2.20224

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development (R&D) dan menggunakan model pengembangan ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi). Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui kelayakan media, 2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap media. Hasil validasi dari ahli media (dosen) dan ahli materi (guru) diperoleh hasil validasi 1) ahli media (dosen) 85,29% dengan kualifikasi sangat layak, 2) ahli materi (guru) 91,67% dengan kualifikasi sangat layak serta untuk mengetahui respon siswa maka dilakukan uji lapangan dengan sasaran kelas X TAV dengan hasil 1) uji kelompok kecil 91,16% dengan kualifikasi sangat layak, 2) uji kelompok besar 88,56% dengan kualifikasi sangat layak. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, media interaktif teknik listrik dan elektronika berbasis lectora inspire 17 layak dan bisa digunakan oleh guru maupun siswa untuk proses belajar mengajar pada siswa kelas X TAV di SMK Negeri 3 Singaraja.

Downloads

Published

2019-09-08