PENGARUH MEDIA PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SMAN 4 SINGARAJA

Authors

  • Diva Palguna
  • Agus Adiarta
  • Gede Indrawan

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v6i1.20228

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media Prezi terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMA N 4 Singaraja. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Post-test Only Control Group Design. Objek penelitian terdiri dari 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Metode pemilihan objek penelitian dengan teknik random sampling. Kelas sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol. Untuk menguji hipotesis digunakan teknik Uji-t satu pihak. Hasil penelitian dengan menggunakan Uji-t satu pihak menunjukkan bahwa perbandingan hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran Prezi lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari hasil Uji-t satu pihak dengan thitung = 7,015 lebih besar dari ttabel = 1,672. Jadi media pembelajaran Prezi memberikan pengaruh yang positif pada hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan.

Downloads

Published

2019-10-10