HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KINERJA SISWA DALAM PRAKTIKUM INSTALASI TENAGA LISTRIK DI KELAS XI TIPTL SMK N 3 SINGARAJA

Praja Setiawan, Putu Suka Arsa, Gede Indrawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan motivasi belajar terhadap kinerja siswa dalam praktikum instalasi tenaga listrik pada siswa kelas XI TIPTL di SMK Negeri 3 Singaraja, (2) mengetahui tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL) kelas XI di SMK Negeri 3 Singaraja, dan (3) mengetahui tingkat kinerja siswa dalam praktikum instalasi tenaga listrik (TIPTL) pada siswa kelas XI program keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (TIPTL) di SMK Negeri 3 Singaraja. (4) untuk mengetahui hubungan kinerja siswa dalam praktikum instalasi tenaga listrik dengan motivasi siswa kelas XI TIPTL. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Sampel yang diteliti adalah siswa kelas XI TIPTLdengan jumlah sampel sebanyak 62 siswa. Variabel yang diteliti adalah dua variabel,variabel terikat, yaitu kinerja siswa dan satu variabel bebas, yaitu motivasi belajar. Data nilai kinerja diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan untuk motivasi nilai diperoleh melalui penyebaran kuesioner, untuk mendapatkan penjelasan mengenai hubungan yang diberikan antar variabel penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis teknik uji spearman rank dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi, yaitu uji normalitas, uji linieritas, dan uji heterokedastisitas. Hasil penelitian ini terdapat tingkat motivasi dengan rata-rata kelas sebesar 96,06% sedangkan untuk kinerja siswa dalam melakukan praktikum instalasi tenaga listrik pada siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Singaraja diperoleh rata-rata kelas sebesar 69,95% dalam kategori sangat baik. Jadi  dalam penelitian ini hubungan antara motivasi dengan kinerja siswa dalam pratikum instalasi tenaga listrik pada siswa kelas XI TIPTL di SMK Negeri 3 Singaraja dengan diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,647 dengan nilai signifikasi sebesar 0,05 yang artinya arah korelasi positif dengan tingkat korelasi kuat, Bagi pihak guru SMK Negeri 3 Singaraja agar lebih membangkitkan motivasi siswa agar lebih mendukung proses belajar siswa sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja siswa.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpte.v6i2.20230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha indexed by:

Crossref



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.