STUDI EVALUASI KINERJA GURU DALAM PENERAPAN PJBL INSTALASI MOTOR LISTRIK XI TIPTL SMKN 3 SINGARAJA

Wayan Adnyana, Nyoman Santiyadnya, Ketut Udy Ariawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kinerja guru dalam penerapan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik kelas XI TIPTL SMK Negeri 3 Singaraja yang berkaitan dengan penerapan model project based learning pada tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan, yaitu kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah dua orang guru mata pelajaran instalasi motor listrik serta 6 siswa kelas XI TIPTL di SMK Negeri 3 Singaraja. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara, observasi partisipasi pasif dan studi dokumentasi. Berdasarkan analisis data, didapat hasil antara lain. 1) perencanaan pembelajaran yang dilakukan kurang sesuai dengan aspek kinerja guru dalam penerapan model pembelajaran project based learning, karena beberapa item belum terlaksana. 2) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru terbagi menjadi tiga tahap meliputi pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup, dalam penerapan masih belum optimal penerapannya terhadap RPP, Permendikbud dan langkah-langkah project based learning. 3) evaluasi pembelajaran dilakukan guru dengan tiga aspek meliputi aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan, namun belum optimal, dikarenakan beberapa item belum dilaksanakan.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpte.v6i2.20232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha indexed by:

Crossref



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.