PENERAPAN MODEL PjBL PELAJARAN TEKNIK KERJA PERBENGKELAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA XTAVI SMKN 3 SINGARAJA

Wirma Hendra, Putu Suka Arsa, Luh Krisnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Kerja Perbengkelan dengan penerapan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TAV 1 SMK Negeri 3 Singarja, dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana pada tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan tindakan. Data yang diambil dalam penelitian ini mencakup data tentang hasil belajar siswa dari tiga ranah, yaitu: afektif, kognitif, dan psikomotor. Berdasarkan hasil tes siswa pada siklus I, diperoleh hasil belajar dengan rerata nilai 60,72 dan dengan siswa yang tuntas sebanyak 15 orang dan siswa yang belum tuntas sebanyak 21 orang. Pada siklus II, diperoleh hasil belajar dengan rerata nilai 78,44 dan dengan siswa yang tuntas sebanyak 32 orang dan siswa yang belum tuntas sebanyak 4 orang. Terjadi peningkatan pula pada ketuntasan klasikal dari 41,66 pada siklus I menjadi 88,88 pada siklus II.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jjpte.v6i2.20233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha indexed by:

Crossref



Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.