PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK SISWA KELAS X

Authors

  • Komang Suhartono
  • Made Santo Gitakarma
  • Wayan Sutaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v6i3.20855

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik melalui penerapan model project based learning pada siswa kelas X TIPTL 1  SMK Negeri 3 Singaraja. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TIPTL 1 SMK Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa sebanyak 35 siswa yang terdiri dari 35 siswa laki-laki. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan empat tahap, antara lain: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi dan lembar unjuk kerja. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model project  based learning dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah: terjadinya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dari 77.33 pada siklus I menjadi 80.35 pada siklus II (terjadi peningkatan sebesar 3.02). Selain itu terjadi juga peningkatan ketuntasan klasikal, dari 71.42 % pada siklus I menjadi 88.57 % pada siklus II (terjadi peningkatan sebesar 17.15%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran pekerjaan dasar elektromekanik dapat meningkat melalui model project based learning.

Downloads

Published

2017-12-03