PENERAPAN MODEL CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) MENINGKATKAN HASIL AKTIVITAS BELAJAR PERAKITAN KOMPUTER KELAS XTKJ2

Authors

  • Kadek Windu Wardika
  • Ketut Udy Ariawan
  • Putu Suka Arsa

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v6i3.20856

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil dan aktivitas belajar perakitan komputer melalui penerapan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) pada siswa kelas X TKJ2 SMK Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKJ2 SMK Negeri 3 Singaraja, yang jumlahnya 30 orang siswa. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian aktivitas pada observasi awal secara klasikal adalah 6,7 pada kategori kurang aktif dan ketuntasan hasil belajar mencapai 16,67%, pada siklus I aktivitas belajar secara klasikal adalah 9,97 pada kategori cukup aktif dan hasil belajar mencapai 40%, pada siklus II aktivitas belajar secara klasikal adalah 11,93 pada kategori aktif dan hasil belajar mencapai ketuntasan 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan hasil dan aktivitas belajar perakitan komputer meningkat melalui penerapan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) pada siswa kelas X TKJ2 SMK Negeri 3 Singaraja. Disarankan kepada guru perakitan komputer untuk menggunakan model pembelajaran CORE karena terbukti dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar perakitan komputer.

Downloads

Published

2017-12-03