PENERAPAN MODEL SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK PADA SISWA KELAS X TIPTL 3 SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Authors

  • Ketut Surawan
  • Gede Nurhayata
  • Wayan Sutaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v7i3.20860

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Pembelajaran Self Regulated Learning (SRL). Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas X TIPTL 3 di SMK Negeri 3 Singaraja. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes pilihan ganda. Hasil observasi awal sebelum dilakukannya tindakan ialah ketuntasan klasikalnya 20,59%, daya serap 48,24%, dan rata-rata klasikalnya 48,24. Setelah menerapkan model pembelajaran SRL, hasil belajar mengalami perbaikan yang signifikan, pada siklus 1 hasil belajar ranah afektif siswa rata-rata klasikalnya 41,18% menjadi 88,24 pada siklus II, pada ranah psikomotor rata-rata klasikal siklus I 61,76% menjadi 100% pada siklus II, dan pada ranah kognitif siklus I rata – rata klasikal 71,18, daya serap 71,18%%, dan ketuntasan klasikal 55,88% dan meningkat pada siklus II yaitu rata – rata klasikal 80,59%, daya serap 80,59%, dan ketuntasan klasikal 94,12%. Persentase peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu pada ranah afektif 47,06%, ranah psikomotor 38,24%, ranah kognitif 38,24%, dan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari observasi awal ke siklus II 32,35. Jadi penerapan model Self Regulated Learning pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik ini berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TIPTL 3 SMK Negeri 3 Singaraja.

Downloads

Published

2018-12-03