PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QD (QUICK ON THE DRAW) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI MIA 4 SMA NEGERI 1 SINGARAJA

Authors

  • Wayan Mahardika Prasetya Wiratama
  • Nyoman Santiyadnya
  • Luh Krisnawati

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v6i3.20863

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe QD (Quick On The Draw). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, evaluasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Singaraja semester II tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 orang. Objeknya meliputi hasil belajar siswa dalam pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe QD (Quick On The Draw). Penerapan model ini sesuai dengan karakter kinestetik siswa yang tidak dapat duduk diam dalam waktu yang relatif lama. Hasil penelitian pada siklus I, aktivitas belajar siswa dengan nilai rata-rata 74,90, berada pada kategori cukup aktif sebesar 74,90% dan pada siklus II, nilai rata-rata 87,33 berada pada kategori sangat aktif sebesar 87,33%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I, nilai rata-rata 74,21 berada pada kategori cukup baik sebesar 43,75% dan pada siklus II, nilai rata-rata 87,32 berada pada kategori sangat baik, yaitu sebesar 100%. Dari hasil tersebut terlihat bahwa aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 12,43% dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II telah mengalami peningkatan sebesar 56,25%.

Downloads

Published

2017-12-03