PENERAPAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X KELAS X TKJ II DI SMK N 2 SERIRIT PADA TAHUN AJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v8i2.20872Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dengan penerapan Inquiring Minds Wont To Know Dalam Pembelajaran Kontekstual. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X TKJ II SMK Negeri 2 Seririt, dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana pada tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan tindakan. Data yang diambil dalam penelitian ini mencakup data tentang hasil belajar siswa dari tiga ranah, yaitu afektif, kognitif dan psikomotor dalam pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Berdasarkan hasil tes siswa yang berjumah 28 siswa pada siklus I, diperoleh hasil belajar dengan rerata nilai 75,43 dan dengan siswa yang tuntas sebanyak 20 orang dan siswa yang belum tuntas sebanyak 8 orang. Rata-rata hasil belajar siklus II, diperoleh hasil belajar dengan rerata nilai 78,92 dan dengan siswa yang tuntas sebanyak 25 orang dan siswa yang belum tuntas sebanyak 3 orang. Terjadi peningkatan pula pada ketuntasan klasikal dari 71,42% pada siklus I menjadi 89,28% pada siklus II.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.