Pengembangan Bahan Ajar Cetak Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Bermuatan Peta Konsep Untuk Menumbuhkan Pemahaman Konsep Belajar Pada Siswa SMK Kelas XI Jurusan TITL

Authors

  • Mohammad Rizal Afriandi Universitas Negeri Malang
  • Hakkun Elmunsyah Universitas Negeri Malang
  • Hari Putranto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i2.22286

Abstract

Tujuan dari pengembangan bahan ajar ini adalah mengembangkan buku ajar bermuatan peta konsep yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Menguji tingkat kelayakan buku ajar apakah sudah layak apa belum melalui uji coba pembelajaran kelompok kecil dan kelompok besar, menghasilkan sebuah buku ajar cetak yang di kembangkan menjadi media pembelajaran yang nantinya dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran dan pada saat praktikum khususnya untuk mata pelajaran Instalasi Motor Listrik. Prosedur penelitian dan pengembangan ini yang digunakan adalah model sugiyono, adapun prosedurnya yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9) Revisi Produk, (10) Produksi masal. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Islam 1 Blitar sebagai uji kelayakan. Dengan menggunakan jenis data kuantitatif yang diperoleh dari skor angket dari validator isi dan format bahan ajar serta responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa hasil review validator materi didapatkan skor 85,3% dengan kriteria sangat valid, hasil review validator media didapatkan skor 88,5% dengan kriteria sangat valid. uji coba kelompok kecil didapatkan skor 80,51% dengan kriteria sangat valid dan uji lapangan didapatkan skor 89,25% dengan kriteria sangat valid dan nilai uji pemahaman konsep sebesar 94,2. Berdasarkan paparan data skor tersebut, modul Instalasi Motor Listrik bermuatan Peta Konsep dinyatakan sangat valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Kata Kunci: Bahan Ajar Cetak, Instalasi Motor Listrik, Pemahaman Konsep

References

Akbar, Sriwiyana. 2011. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Cipta Media.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan. Yogyakarta: Aditya Media.

Asan, A. 2007. Concept mapping in Science Class: A Study of fifth grade students. Jurnal Educational Technology & Society, 10 (1), 186-195.

Buletin BNSP. 2006. Kegiatan Pendidikan Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal. 2(1). Jakarta: BNSP.

Buzan. T. 1996. How to Mind Map: Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas. (Terjemahan Eric Suryaputra). Jakarta: Gramedia.

DePorter & Hernacki. 2011. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. (Terjemahan Alwiyah Abdurrahman). Bandung: Khaifa.

Hendra, W., Arsa, P. S., & Krisnawati, L. (2019). Penerapan Model PJBL Pelajaran Teknik Kerja Perbengkelan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa XTAVI SMKN 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(2), 75-85.

Jon, E. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi yang Berbasis Konsep Media Mind Map Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP/Sederajat) di Kabupaten Kerinci: Majalah Ilmiah, 24(1). (online) (lppm.upiyptk.ac.id/majalahilmiah/index.php/majalahilmiah/article/view/78), diakses 1 November 2017.

Krisnayudha, M. R., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Autoplay dalam Materi Menerapkan Elektronika Dasar Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di SMK Negeri 1 Tejakula. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(1), 23-30.

Laksana, W., Arsa, P. S., & Ratnaya, G. (2020). Pengembangan Media Interaktif Tes Formatif Pada Mata Pelajaran Produktif Jurusan TKJ di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(1), 1-8.

Nurpradana, M.A.A. 2017. Pengembangan Jobsheet Instalasi Motor Listrik Tiga Fasa Menggunakan Direct Instruction di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Elektro. 06(3), 293-300 (online) (jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/25079/44/article.pdf), diakses 1 November 2017.

Paramarta, G. A. H., Santo Gitakarma, M., & Santiyadnya, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Perakitan Komputer. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(2), 59-67.

Putra, A. D., Murtiani, M., & Gusnedi, G. (2017). Pembuatan Modul Interaktif Terintegrasi Guided Inquiry Menggunakan Aplikasi Course Lab untuk Materi Usaha, Energi, Momentum dan Impuls Pada Pembelajaran Fisika SMA Kelas X. Pillar of physics education, 10(1).

Sanuaka, A. A., Ariawan, K. U., & Sutaya, W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Electronic Book (E-Book) Interaktif Multimedia dalam Mata Pelajaran Teknik Animasi 3d Dan Teknik Animasi 2d di Jurusan Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(1), 9-20.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta, CV.

Yasa, G. S., Arsa, P. S., & Adiarta, A. (2020). Penerapan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Kelistrikan SMPN 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(1), 31-39.

Yunita. 2014. Pemanfaatan Peta Konsep (Concept Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Senyawa Hidrokarbon. Jurnal Edusains, 6(01), 2-8 (Online) (journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/download/1094/972) diakses 20 Juli 2019.

Published

2020-08-02