Lampu Penerangan Jalan Otomatis Berdasarkan Intensitas Cahaya dan Keberadaan Kabut atau Asap

Authors

  • Arief Bagus Dermawan Universitas Negeri Semarang
  • Esa Apriaskar Universitas Negeri Semarang
  • Djuniadi Djuniadi Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i1.22618

Abstract

Penerangan umum tenaga surya merupakan sebuah alternatif yang murah dan hemat untuk digunakan sebagai sumber listrik penerangan karena menggunakan sumber energi gratis dan tak terbatas dari alam yaitu energi matahari. Lampu penerangan jalan tenaga matahari itu hemat energi dan tahan lama menggunakan panel surya/solar cell sebagai sumber yang berfungsi menerima cahaya (sinar) matahari yang kemudian diubah menjadi listrik melalui proses photovoltaic. Lampu penerangan jalanan umum adalah sebuah sistem yang mengontrol lampu jalanan yang menggunakan intensitas cahaya dan kabut/asap. Alat tersebut menggunakan mikrokontroller Arduino Uno ditambah dengan sensor LDR dan sensor MQ-2.Ketika intensitas cahaya redup atau gelap maka lampu jalanan akan menyala secara otomatis. Tidak hanya cahaya tetapi juga pengaruh dari kabut/asap juga dapat menyalakan lampu jalalan secara otomatis.

Kata Kunci: Solar Cell, Cahaya, Lampu, Kabut

References

Asprilla, K. S., Sutaya, W., & Nurhayata, G. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Simulasi Kontrol Pompa Air Berbasis Mikrokontroler Pada Mata Pelajaran Pemrograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler Kelas XI TAV di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(2), 76-84.

G. Budiharto, Widodo dan Rizal, Belajar Sendiri 12 Proyek Mikrokontroler untuk Pemula. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2007.

Hikmawan, Sugik Rizky dan Suprayitno, Eko Agus. 2018. Rancang Bangun Lampu Penerangan Jalan Umum (Pju) Menggunakan Solar Panel Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika, Universitas Majalengka.

Sihombing, Donny T B dan Kasim, Surya Tarmizi. 2017. Perencanaan Sistem Penerangan Jalan Umum Dan Taman Di Areal Kampus Usu Dengan Menggunakan Teknologi Tenaga Surya (Aplikasi Di Areal Pendopo Dan Lapangan Parkir). Jurnal Teknik Informatika, Universitas Majalengka.

Somadani, Dadan dan Ginanjar, Ade Hery. 2018. Prototipe Penerangan Jalan Umum (Pju) Pintar Berbasis Arduino Menggunakan Solar Panel, Sensor Hc-Sr04 Dan Sensor LDR. Jurnal Teknik Informatika, Universitas Majalengka.

Wicaksono, Fifin Surahman dan Winardi, Slamet. 2016. Rancangan Bangun Control Otomatis Solar Cell Berbasis Arduino. Jurnal Jurusan Sistem Komputer, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Narotama Surabaya.

Published

2020-04-01