Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Instalasi Penerangan Listrik Inbow Portable Pada Mata Kuliah Dasar-dasar Instalasi Listrik di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro

Authors

  • Kadek Reda Setiawan Suda Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Santiyadnya
  • I Gede Ratnaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i1.23424

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat trainer instalasi penerangan listrik, mengetahui kelayakan serta mengetahui respons mahasiswa terhadap media pembelajaran trainer instalasi penerangan listrik inbow portable pada mata kuliah Dasar-Dasar Instalasi Penerangan Listrik di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket/kuesioner  yang dinilai oleh ahli isi, ahli media, dan mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh: hasil uji validasi dari ahli media mendapatkan persentase 98,33% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji ahli materi/isi mendapatkan persentase 94,54% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji coba kelompok kecil nilai terendah 39 dari responsden dengan kategori/klasifikasi sangat baik dan hasil uji kelompok besar nilai terendah 39 dari responsden dengan kategori/klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Trainer Instalasi Penerangan Listrik Inbow Portable layak digunakan dan mendapatkan respons yang baik dari mahasiswa pada proses pembelajaran Dasar-Dasar Instalasi Penerangan Listrik di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Trainer Instalasi Penerangan Listrik Inbow Portable, Dasar-Dasar Instalasi Listrik

References

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Menegembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Auludin, M, H. (2017). Pengembangan Trainer-Kit Untuk Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Yogyakarata: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hariyanto. 2012. Pengertian Media Pembelajaran. Tersedia pada http://belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran/, diakses tanggal 5 Juli 2019.

Koyan, Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Krisnayudha, M. R., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Autoplay Dalam Materi Menerapkan Elektronika Dasar Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di SMK Negeri 1 Tejakula. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(1), 23-30.

Paramarta, G. A. H., Santo Gitakarma, M., & Santiyadnya, N. 2019. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Perakitan Komputer. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(2), 59-67.

Rima, Ega. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Sudaryo, dkk. 2013. Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogjakarta: Graha Ilmu, Edisi 1.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia

Published

2020-04-01