Pengembangan Media Pembelajaran Rangkaian Listrik RLC Pada Praktikum Rangkaian Listrik

Authors

  • Putu Satria Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya
  • Agus Adiarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i2.23483

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat media pembelajaran Rangkaian Listrik RLC yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran, untuk mengetahui kelayakan digunakan sebagai media pembelajaran dan mengetahui respons yang baik dari peserta didik pada mata kuliah Praktikum Rangkaian Listrik di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro. Penelitian ini, termasuk jenis penelitian R & D (Research and Development). Penelitian menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media dan peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh: hasil uji coba ahli isi diperoleh nilai persentase sebesar 98,00% dengan klasifikasi sangat layak, hasil uji coba ahli media diperoleh persentase sebesar 78,40% dengan klasifikasi sangat layak, berdasarkan kuesioner terhadap kelompok kecil hasil nilai responden terendah yaitu pada responden 5 dengan skor 34 sudah termasuk klasifikasi sangat baik, dan berdasarkan kuesiuner terhadap kelompok besar hasil nilai responden terendah yaitu pada responden 8 dengan skor 33 sudah termasuk klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Rangakaian Listrik RLC layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Praktikum Rangkaian Listrik di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Rangkaian Listrik RLC, Praktikum Rangkaian Listrik

References

Arikunto, 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhar, H. Rayandra. 2012. “Kreatif Menegembangkan Media Pembelajaran”. Jakarta: Referensi.

Hariyanto. 2012. Pengertian Media Pembelajaran. Tersedia pada http://belajarpsikologi.com/ pengertian-media-pembelajaran/, diakses tanggal 5 Juli 2019.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Kurniartha, K. C., Arsa, P. S., & Ratnaya, G. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Autoplay Pada Materi Gerbang Logika Untuk Siswa Kelas X TAV di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(1), 16-22.

Miarso. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Rima, Ega. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Setiadarma, G., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Penghantar Listrik Dilengkapi Objek Tiga Dimensi Pada Mata Kuliah Kabel dan Teknik Pemasangannya di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(1), 9-15.

Setiadarma, G., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Penghantar Listrik Dilengkapi Objek Tiga Dimensi Pada Mata Kuliah Kabel dan Teknik Pemasangannya di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(1), 9-15.

Sudaryono, dkk. 2013. Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogjakarta: Graha Ilmu, Edisi 1.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Published

2020-08-02