Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Autoplay Media Studio 8 Pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas di SMK Negeri 2 Seririt

Authors

  • Muhammad Zudin Aksa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Suka Arsa
  • Agus Adiarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i2.23487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) membuat media pembelajaran interaktif autoplay media studio 8 pada mata pelajaran teknologi jaringan berbasis luas di SMK Negeri 2 Seririt, 2) untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran Interaktif Autoplay Media Studio 8 pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas di SMK Negeri 2 Seririt, 3) untuk mengetahui respon siswa terhadap media Pembelajaran Interaktif Autoplay Media Studio 8 pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas di SMK Negeri 2 Seririt. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau lebih dikenal dengan Research and Development. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil yaitu: (1) uji ahli media mendapatkan hasil persentase 81,05 % termasuk kualifikasi layak dan hasil persentase untuk ahli materi mendapatkan 80,00 % termasuk kualifikasi layak, (2) rentang skor 5 responden pada uji kelompok kecil semua termasuk kategori sangat tinggi dan rentang skor 20 responden pada uji kelompok besar semua termasuk kategori sangat tinggi. Bedasarkan hasil penelitian, maka Media Pembelajaran Interaktif Autoplay Media Studio 8 pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Berbasis Luas di SMK Negeri 2 Seririt, layak digunakan sebagai media pembelajaran.

References

Adnyana, W., Santiyadnya, N., & Ariawan, K. U. (2019). Studi Evaluasi Kinerja Guru Dalam Penerapan PJBL Instalasi Motor Listrik XI TIPTL SMKN 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(2), 66-74.

Azwar, Saifuddin. 2012. Penyusunan Skala Psikologis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Buchori, Agus. 2011. Media Pembelajaran Microsoft Excel Berbasis Multimedia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Palguna, D., Adiarta, A., & Indrawan, G. (2019). Pengaruh Media Prezi Terhadap Hasil Belajar Prakarya Dan Kewirausahaan Siswa Kelas X SMAN 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(1), 30-39.

Peraturan Pemerintah RI. 2005. Standar Pendidikan Nasional Nomor 19. Jakarta: Depdikbud.

Purnawan, M. W., Santiyadnya, N., & Sutaya, W. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Proses Pembelajaran Gambar Teknik Kelas XI TITL di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(1), 40-47.

Setiawan, P., Arsa, P. S., & Indrawan, G. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Kinerja Siswa Dalam Praktikum Instalasi Tenaga Listrik di Kelas XI TIPTL SMK N 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(2), 48-56.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukaharta, B., Santiyadnya, N., & Nurhayata, G. (2019). Studi Evaluasi Proses Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(2), 57-65.

Widana, I. N. A., Santiyadnya, N., & Adiarta, A. (2019). Penerapan Inquiring Minds Want to Know Dalam Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar Kelas X Kelas X TKJ II di SMK N 2 Seririt Pada Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(2), 68-75.

Published

2020-08-02