Pengembangan Media Pembelajaran Elektronika Dasar

Authors

  • I Gede Indra Ferryana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Santiyadnya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i2.23611

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuat media pembelajaran elektronika dasar, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran elektronika dasar, dan 3) mengetahui respons peserta didik terhadap media pembelajaran elektronika dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner/angket untuk mendapatkan nilai dari uji ahli media, uji ahli materi/isi, dan respons dari peserta didik. Hasil dari penelitian ini diperoleh: (1) Media pembelajaran elektronika dasar dapat dibuat melalui tahapan – tahapan penelitian R&D, (2) Hasil uji validasi media diperoleh hasil persentase 98,86% termasuk kualifikasi sangat layak, hasil uji validasi materi/isi diperoleh hasil persentase 97,91% termasuk kualifikasi sangat layak. (3) Hasil uji coba kelompok kecil dengan 5 responden diperoleh klasifikasi sangat baik, dan hasil uji coba kelompok besar 26 responden diperoleh klasifikasi sangat baik dan 1 responden diperoleh klasifikasi baik. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, media pembelajaran elektronika dasar dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di kelas X jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Denpasar.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Trainer Elektronika Dasar, Dasar Listrik dan Elektronika

         

References

Antara, D. J., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 5 Projects for Beginner Berbasis Lectora Inspire 17 Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2), 55-61.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Blocher, Richard. 2004. Dasar Elektronika. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Koyan, Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisa Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Mustiari. 2016. Pengembangan Bahan Ajar IPA materi rantai makanan siswa kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi (Tidak diterbitkan). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang.

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta

Pradnyadinata, W., Arsa, P. S., & Adiarta, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaranproblem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Alat Komunikasi Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2), 71-80.

Sanjaya, H., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pemasangan Instalasi Listrik dan Video Tutorial Instalasi Listrik Dalam Mata Kuliah Dasar-Dasar Instalasi di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2), 48-54.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Published

2020-08-02