Media Pembelajaran Sistem Pengindraan Jarak Jauh Berbasis Raspberry PI 3 Pada Mata Kuliah Pemrograman Multimedia

Authors

  • I Gede Krisma Eka Putra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Agus Adiarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i1.23616

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) membuat media pembelajaran sistem pengindraan jarak jauh (keamanan rumah berbasis web dan raspberry pi 3) yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran mata kuliah Pemrograman Multimedia, 2) untuk mengetahui kelayakan media ini sebagai media pembelajaran dan 3) mengetahui respons dari peserta didik pada mata kuliah Pemrograman Multimedia. Penelitian ini, menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media dan peserta didik. Dari hasil penelitian yang diperoleh: 1) media dapat dibuat dengan tahapan penelitian pengembangan yang digunakan, 2) bedasarkan hasil uji coba ahli isi diperoleh nilai persentase sebesar 100% dengan kualifikasi sangat layak, bedasarkan hasil uji coba ahli media diperoleh persentase sebesar 97,72%, dengan kualifikasi sangat layak, 3) rentang skor kelompok kecil dengan 5 rensponden termasuk klasifikasi sangat baik dan rentang skor kelompok besar dengan 10 responden termasuk klasifkasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran sistem pengindraan jarak jauh (keamanan rumah berbasis web dan raspberry pi 3) layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Pemrograman Multimedia.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Raspberry Pi, Pemrograman Multimedia

References

Antara, D. J., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 5 Projects for Beginner Berbasis Lectora Inspire 17 Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika Di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2), 55-61.

Arikunto, 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhar, H. Rayandra. 2012. Kreatif Menegembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Krisnayudha, M. R., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Autoplay Dalam Materi Menerapkan Elektronika Dasar Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di SMK Negeri 1 Tejakula. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(1), 23-30.

Miarso. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Wicaksono, Moch. Fajar, 2018. Mudah Belajar Raspberry Pi. Bandung: Informatika.

Published

2020-04-01