Pengembangan Media Video Pembelajaran Pemasangan Instalasi Listrik

Authors

  • Putu Surya Mahendra Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Santiyadnya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i1.23635

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuat media video pembelajaran pemasangan instalasi listrik, (2) mengetahui media video pembelajaran pemasangan instalasi listrik, (3) mengetahui respons peserta didik terhadap media video pemasangan instalasi listrik. Penelitian ini menggunakan penelitian R & D (Research and Development). Penelitian menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media dan peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh: media bisa di buat dengan tahapan-tahapan penelitian pengembangan, media layak di gunakan berdasarkan hasil uji validasi ahli isi diperoleh nilai persentase sebesar 96,1% termasuk kualifikasi sangat layak, hasil uji validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 72,62% termasuk kualifikasi layak. Dari hasil uji coba kelompok kecil menggunakan 5 responden dan 5 responden semuanya termasuk klasifikasi sangat baik, dan dari hasil uji coba kelompok besar menggunakan 15 responden dan 15 responden semuanya termasuk klasifikasi sangat baik. Berdasarkan dari penelitian, media video pembelajaran Pemasangan Instalasi Listrik dinyatakan layak digunakan dalam media pembelajaran pada mata kuliah Dasar-dasar Instalasi Listrik di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

Kata Kunci:  Pengembangan Media video pembelajaran, Video, Pemasangan Instalasi Listrik, Dasar-dasar Instalasi listrik

References

Arikunto, 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhar, H. Rayandra. 2012. Kreatif Menegembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Hariyanto. 2012. Pengertian Media Pembelajaran. Tersedia pada http://belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran/. Diakses tanggal 5 Juli 2019.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Lasksani, P., Ratnaya, G., & Arsa, P. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Teknik Listrik Dan Elektronika Berbasis Lectora Inspire 17. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2), 81-89.

Sudaryono, dkk. 2013. Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogjakarta: Graha Ilmu.

Sugandi, Achmad. 2000. Teori Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Published

2020-04-01