Pengembangan Media Pembelajaran Rangkaian Sistem Kontrol Bergantian 4 Motor Secara Otomatis

Authors

  • Syeik Maulana Siwa Sopalauw Universitas Pendidikan Ganesha
  • Agus Adiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i1.23637

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat Media Pembelajaran Rangkaian Sistem Kontrol Bergantian 4 Motor Secara Otomatis yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran dan mengetahui respons peserta didik pada mata kuliah PHB (Panel Hubung Bagi) di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro. Penelitian ini, termasuk jenis penelitian R & D (Research and Development). Penelitian menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media dan peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh: Media Pembelajaran bisa di buat, dan hasil uji ahli isi diperoleh nilai persentase sebesar 96,66% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji ahli media diperoleh persentase sebesar 83,63% dengan kualifikasi sangat layak, bedasarkan hasil yang di dapat untuk 5 responden pada uji kelompok kecil semua temasuk klasifikasi sangat baik dan berdasarkan hasil yang di dapat untuk 15 responden pada uji kelompok besar semua termasuk klasifikasi sangat baik, Media Pembelajaran Sistem Kontrol Bergantian 4 Motor Secara Otomatis layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah PHB (Panel Hubung Bagi) di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro.

Kata Kunci:  Media Pembelajaran, Media Pembelajaran, Rangkain Sistem Kontrol Bergantian Secara Otomatis, Panael Hubung Bagi

References

Arindya, Radita. 2012. Insrumenasi dan Kontrol Proses. Daerah Istimewah Jogjakarta: Graha Ilmu.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Asyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Garafindo Persada.

Koyan, I Wayan .2012. Statistik pendidikan teknik analisis data Kuaitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Lasksani, P., Ratnaya, G., & Arsa, P. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Teknik Listrik Dan Elektronika Berbasis Lectora Inspire 17. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2), 81-89.

Persyratan Umum Intalasi Lisrik No. 51 Tahun 1999. Panel HubungBagi. Jakarta. Menteri Pertambangan dan Energi dalam Surat KeputusanMenteri No:51- 12/40/600.3/1999.

Rima, Ega. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kaapena

Sudaryono,dkk. 2013. Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogjakarta: Graha Ilmu, Edisi 1.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Published

2020-04-01