Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Elektronika Dasar Untuk Siswa SMK

Authors

  • Gede Puja Dewantara
  • I Gede Ratnaya
  • Agus Adiarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i3.23648

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk membuat media pembelajaran trainer elektronika dasar yang dapat digunakan untuk membantu pembelajaran, 2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran elektronika dasar di SMK Negeri 3 Singaraja pada pratikum di bengkel, dan 3) untuk mengetahui respons peserta didik terhadap media pembelajaran yang berbantuan media pembelajaran trainer elektronika dasar pada pratikum di bengkel. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) Penelitian ini menggunakan analisa data persentase kelayakan untuk mengolah data kuesioner uji ahli isi dan uji ahli media, sedangkan untuk uji kelompok kecil dan uji kelompok besar menggunakan analisa data model Standar Skala Lima. 1) Hasil penelitian ini diperoleh media yang dapat dibuat dengan menggunakan metode penelitian R & D. Dari hasil penelitian, media trainer elektronika  layak digunakan pada mata pelajaran Elektronika Dasar di kelas X TAV 2 SMK Negeri 3 Singaraja dan mendapat respons baik dari siswa. 2) Hasil uji validasi media persentase hasil yaitu 98,86% kualifikasi sangat layak, persentase ahli materi 93,75% kualifikasi sangat layak. 3) Hasil uji kelompok kecil dengan 5 responden termasuk kategori sangat tinggi dan hasil uji kelompok besar dari 25 responden diperoleh 24 responden termasuk kategori sangat tinggi dan 1 responden termasuk kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Trainer Elektronika Dasar untuk Siswa SMK layak digunakan dalam proses belajar pada mata pelajaran elektronika dasar di kelas X TAV 2 SMK Negeri 3 Singaraja.      

Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, trainer, dan elektronika dasar.

References

Adi, Endarta. 2014. Pembelajaran Kurikulum 2013. Tersedia Pada https://belajarpedagogi. wordpress.com/2014/05/04/pembelajaran-kurikulum-2013/), diakses pada tanggal 17 Oktober 2019.

Arikunto. 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Menegembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Azwar, Saifuddin. 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Joniartawan, G. N., Santiyadnya, N., & Indrawan, G. (2018). Studi Evaluasi Pelaksanaan PKL Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(1), 1-9.

Kemp, J.E. dan Dayton, D.K. 1985. Planning dan Producing Instructional media (Fifth Edition). New York: Harper & Row, Publishers.

Sudaryono, dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.

Wibawa, K., Santiyadnya, N., & Indrawan, G. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kompetensi Keahlian TIPTL SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(1), 10-19.

Published

2020-12-03