Pembuatan Media Pembelajaran Perencanaan Instalasi Listrik Rumah Tinggak Dengan Menggunakan Autocad Berbasis Multimedia Interaktif Autoplay

Authors

  • Gede Pardika Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Santiyadnya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Agus Adiarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i3.23649

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran multimedia interaktif  berbasis autoplay yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran, untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran dan mengetahui respon mahasiswa setelah menggunakan multimedia interaktif berbasis autoplay. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development (R&D) dan penelitian ini menggunakan angket sebagai instrument pengumpulan data oleh ahli isi, ahli media dan mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa semester I Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Bisa dibuatnya suatu media pembelajaran multimedia interaktif autoplay. Hasil penelitian terhadap tingkat kelayakan media dari validator ahli isi memperoleh 97,14% dengan klasifikasi sangat layak, hasil uji validator ahli media memperoleh 71,42% dengan klasifikasi layak. hasil uji kelompok kecil dengan jumlah 5 responden semua berada pada klasifikasi sangat baik dan hasil uji kelompok besar dengan jumlah 15 responden semua berada pada klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran perencanaan instalasi listrik rumah tinggal dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Gambar Teknik Pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.           

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Autoplay, Gambar Teknik

References

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Cheppy Riyana. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Koyan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisa Data Kuantitatif. Universitas pendidikan ganesha. Singaraja: Bali.

Pramudito, Aria. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan dengan Mesin Bubut di SMK Muhammadiyah 1 Playen (Jurnal). http://eprints.uny.ac.id/25965/1/aria-pramudito-06503241015.pdf, diakses pada tanggal 8 November 2019.

Sadiman, Arif S., dkk. 2006. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan Dan Pemanfaatanya. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, H., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pemasangan Instalasi Listrik dan Video Tutorial Instalasi Listrik dalam Mata Kuliah Dasar-dasar Instalasi di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2), 48-54.

Setiadarma, G., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Penghantar Listrik Dilengkapi Objek Tiga Dimensi Pada Mata Kuliah Kabel dan Teknik Pemasangannya di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(1), 9-15.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.

Wiratama, W. M. P., Santiyadnya, N., & Krisnawati, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe QD (Quick on The Draw) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Siswa Kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(3), 137-146.

Published

2020-12-03