Pengembangan Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Surya Pada Mata Kuliah Pembangkit Listrik di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro

Authors

  • Kadek Roni Saputra
  • I Putu Suka Arsa
  • I Gede Ratnaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i3.23650

Abstract

Penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk membuat trainer pembangkit listrik tenaga surya, mengetahui kelayakan serta mengetahui respons mahasiswa terhadap media pembelajaran trainer pembangkit listrik tenaga surya pada mata kuliah Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket/kuesioner  yang dinilai oleh ahli isi, ahli media, dan mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh: 1) media bisa dibuat dengan tahapan-tahapan penelitian pengembangan. 2) hasil uji validasi dari ahli media memperoleh hasil persentase 72,72% termasuk kualifikasi  layak. Hasil uji ahli materi/isi memperoleh hasil persentase 97,5% dengan kualifikasi sangat layak. 3) hasil uji kelompok kecil dengan 5 responden termasuk klasifikasi sangat baik dan hasil hasil uji kelompok besar dengan 10 responden  termasuk klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Trainer pembangkit listrik tenaga surya layak digunakan dan mendapatkan respon yang baik dari mahasiswa pada proses pembelajaran pembangkit listrik tenaga surya di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Trainer pembangkit listrik tenaga surya, pembangkit listrik.

References

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Menegembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Azwar, Saifuddin. 2012. Penyusunan Skala Psikologis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Krisnayudha, M. R., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Autoplay dalam Materi Menerapkan Elektronika Dasar Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK Negeri 1 Tejakula. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(1), 23-30.

Paramarta, G. A. H., Santo Gitakarma, M., & Santiyadnya, N. (2019). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Perakitan Komputer. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(2), 59-67.

Rima, Ega. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Widana, I. N. A., Santiyadnya, N., & Adiarta, A. (2019). Penerapan Inquiring Minds Want to Know dalam Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Kelas X Kelas X TKJ II di SMK N 2 Seririt Pada Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(2), 68-75.

Yusufhadi Miarso. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenata Media.

Published

2020-12-03