Pengembangan Media Pembelajaran Air Conditioner (AC) Split Pada Mata Kuliah Teknik Pendingin

Authors

  • I Gede Pradnya Wibawa
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Santiyadnya Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i1.23652

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat media pembelajaran AC Split yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran, mengetahui kelayakan media pembelajaran pada perkuliahan Teknik Pendingin, serta mengetahui respons dari peserta didik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian R&D (Research and Development). Penelitian ini menggunakan analisa data model persentase untuk mengolah data kuesioner uji ahli isi dan uji ahli media, sedangkan untuk uji kelompok kecil dan uji kelompok besar menggunakan analisa data model Panduan Acuan Interval Terdistribusi (PAIT). Penelitian menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media dan peserta didik. Hasil penelitian diperoleh: hasil uji ahli isi diperoleh nilai persentase sebesar 97,50% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji ahli media diperoleh persentase sebesar 100% dengan kualifikasi sangat layak. Rentang skor untuk 5 responden uji kelompok kecil semua termasuk klasifikasi sangat baik dan rentang skor untuk 10 responden pada uji kelompok besar semua termasuk klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran AC Split layak digunakan dalam melakukan proses pembelajaran pada mata kuliah  Teknik Pendingin pada di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, AC Split, Teknik Pendingin.

References

Arikunto. 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsana. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Dan Instalasi Refrigerasi Komersial Sebagai Saranan Membantu Proses Pembelajaran Sistem Dan Instalasi Refrigerasi. Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Cahyani, F., Ariawan, K. U., & Ratnaya, G. (2019). Pengembangan Modul Karya Rekayasa Elektronika Praktis Berbasis Aplikasi Livewire. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(1), 39-47.

Koyan, Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudaryo, dkk. 2013. Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogjakarta: Graha Ilmu, Edisi 1.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Published

2020-04-01