Pengembangan Media Pembelajaran Penggunaan Relay Proteksi Pada Sistem Tegangan Rendah

Authors

  • Kadek Arya Kertajaya
  • I Gede Ratnaya
  • Nyoman Santiyadnya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i3.23667

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat media pembelajaran Relay Proteksi Sistem Tegangan Rendah yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran, untuk mengetahui layak digunakan sebagai media pembelajaran dan mendapatkan respons yang baik dari peserta didik pada mata kuliah Panel Hubung Bagi di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro. Penelitian ini, termasuk jenis penelitian R & D (Research and Development). Penelitian menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media dan peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh: media bisa dibuat dengan tahapan-tahapan penelitian pengembangan layak digunakan dengan hasil uji coba ahli isi diperoleh nilai persentase sebesar 98,00% dengan klasifikasi sangat layak, hasil uji coba ahli media diperoleh persentase sebesar 77,27% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji coba kelompok kecil menggunakan 5 responden dan 5 responden itu berada dalam kualifikasi sangat baik, hasil uji coba kelompok besar menggunakan 15 responden dan 15 responden itu berada pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Relay Proteksi Sistem Tegangan Rendah layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Panel Hubung Bagi di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Relay Proteksi, Tegangan Rendah, Panel Hubung Bagi

 

 

References

Arikunto, 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asprilla, K. S., Sutaya, W., & Nurhayata, G. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Simulasi Kontrol Pompa Air Berbasis Mikrokontroler Pada Mata Pelajaran Pemrograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroler Kelas XI TAV di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(2), 76-84.

Asyhar, H. Rayandra. 2012. Kreatif Menegembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.

Hariyanto. 2012. Pengertian Media Pembelajaran. Tersedia pada http://belajarpsikologi.com/ pengertian-media-pembelajaran/, diakses tanggal 5 Juli 2019.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Miarso. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Rima, Ega. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Sudaryono, dkk. 2013. Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogjakarta: Graha Ilmu, Edisi 1.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Published

2020-12-03