Pengembangan Media Trainer Resistor Rangkaian Arus Searah Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v9i3.23676Abstract
Penelitian ini dilakukan dan dibuat bertujuan untuk: 1) membuat media pembelajaran Trainer Resistor Rangkaian Arus Searah, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran, dan 3) mengetahui respons siswa terhadap Trainer Resistor Rangkaian Arus Searah. Penelitian ini merupakan penelitian Research and development (R&D). Penelitian menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media dan siswa. Penelitian menggunakan metode analisa data kuantitatif dengan model persentase untuk uji ahli median dan uji ahli materi (isi), sedangkan untuk uji kelompok kecil dan uji kelompok besar menggunakan metode analisa data deskriptif dengan model PAIT (Pedoman Acuan Interval Terdistribusi). Hasil validasi ahli media diperoleh persentase 98,86%, hasil validasi ahli isi diperoleh persentase sebesar 97,91%, hasil kelompok kecil mendapatkan klasifikasi sangat baik dengan 5 responden dan hasil kelompok besar mendapakan klasifikasi sangat baik dengan 27 responden. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Trainer Resistor Rangkaian Arus Searah layak digunakan dalam melakukan proses pembelajaran pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di Jurusan Teknik Audio Video di SMK N 1 Denpasar.
Kata Kunci: Trainer Resistor Rangkaian Arus Searah, Dasar Listrik dan Elektronika
References
Anderson, R. H. 1994. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.
Antara, D. J., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 5 Projects for Beginner Berbasis Lectora Inspire 17 Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2), 55-61.
Arikunto. 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
H.C Yohanes, Drs. 1979. Dasar – Dasar Elektronika. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Muhammad Zaini. 2017. Pengembangan Trainer Resistor Dalam Rangkaian Arus Searah Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Menggunakan Labview. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sanjaya, H., Adiarta, A., & Santiyadnya, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pemasangan Instalasi Listrik dan Video Tutorial Instalasi Listrik dalam Mata Kuliah Dasar-dasar Instalasi di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 7(2), 48-54.
Sudaryono. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wiratama, W. M. P., Santiyadnya, N., & Krisnawati, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe QD (Quick on The Draw) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan Siswa Kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(3), 137-146.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.