LEARNING COMMUNITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERAWATAN PC

Authors

  • Ida Nyoman Parahita
  • Nyoman Santiyadnya
  • I Wayan Sutaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v8i3.23977

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran kontekstual melalui metode learning community (Masyarakat Belajar) guna meningkatkan hasil belajar melakukan perawatan PC pada siswa kelas X TKJ SMK PGRI Amlapura tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dalam 2 siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa dalam pembelajaran melakukan perawatan PC dengan instrumen penilaian berupa instrumen tes. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistik kwantitatif dengan kriteria tingkat penguasaan secara individu sebesar 70% dan secara klasikal 75%. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari analisis siklus I yaitu persentase rata-rata tingkat penguasaan materi secara klasikal mencapai 61,9% dengan rata-rata nilai siswa pada siklus I 71,42 dari hasil ini ketuntasan klasikal 75% masih belum tercapai, tetapi sudah menunjukan terjadinya peningkatan terhadap hasil belajar siswa dan pada siklus II hasilnya mencapai 90.47% dengan rata-rata nilai siswa pada siklus II 78,95 dan berada dalam kategori baik. Persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 28,97% dengan peningkatan rata-rata nilai siswa sebesar 7,53.

Published

2020-03-03