Pembuatan Video Pembelajaran Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) untuk Menunjang Perkuliahan K3

Authors

  • I Made Yudi Arsana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Agus Adiarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v10i1.32020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat video yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran, untuk mengetahui tingkat kelayakan video dan mengetahui respons mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development (R&D) dan penelitian ini menggunakan angket sebagai instrument pengumpulan data oleh ahli isi, ahli media, dosen pengampu mata kuliah, dan mahasiswa. Penelitian ini di uji coba pada mahasiswa semester VI Prodi Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknologi Industri Undiksha. Hasil penelitian validasi ahli isi memperoleh nilai persentase 96,15% dengan klasifikasi sangat layak, validasi ahli media diperoleh nilai persentase kriteria sebesar 97,61% dengan kualifikasi sangat layak, dan validasi dosen pengampu mata kuliah diperoleh nilai persentase sebesar 97,22% berada pada klasifikasi sangat baik, validasi terhadap mahasiswa bahwa dari 20 responden sebanyak 18 responden berada pada kualifikasi sangat baik dengan persentase 90%, dan sebanyak 2 responden berada di kualifikasi baik dengan persentase 10%. Berdasarkan hasil penelitian, pembuatan video Kesehatan dan Keselamatan Kerja layak digunakan  untuk menunjang proses perkuliahan K3 Prodi Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknologi Industri Undiksha.

References

Asyhar, Rayanda. (2012). “Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran”. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Koyan, I Wayan. 2012. “Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Rayandra Asyar, (2012). “Kreatif Mengembangkan Media Pembelajran”. Jakarta: Gaung Persada Press.

Sagala, Syaiful. (2009). “Konsep dan Makna Pembelajaran”. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D”, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan (R&D)”. Bandung: Alfabeta.

Wiratama, W. M. P. (2018). Pengembangan perangkat dalam pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw pada Program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Published

2021-03-01