Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Pembelajaran Refrigerator Berbasis Android Pada Mata Kuliah Perancangan Instalasi Mesin Pendingin di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro

Authors

  • Yulia puspita sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Agus Adiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v12i1.50233

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian R&D (reasearch and development). Penelitian ini menggunakan teknik analisa statistik persentase untuk mengolah data ahli isi, ahli media, dan uji coba kepada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan kuesoner sebagai teknik pengambilan data ahli isi, ahli media, dan mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh : hasil uji validasi ahli isi sebesar 79,16% dengan kualifikasi sangat layak, uji validasi ahli media sebesar 75% dengan kualifikasi sangat layak, uji coba kelompok kecil dari 6 orang responden mendapatkan hasil kualifikasi sangat tinggi, dan uji coba kelompok besar 19 orang responden mendapatkan hasil dengan kualfikasi sangat tinggi. Media pembelajaran berupa aplikasi pembelajaran refrigerator berbasis android pada mata kuliah perancangan instalasi mesin pendingin di program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha layak digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah perancangan instalasi mesin pendingin di program studi S1 pendidikan teknik elektro undiksha.

References

Budi, I. P. K., Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2021). Media Pembelajaran Sistem Kendali Berbasis Smart Relay Untuk Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Pendidikan Ganesha Pada Mata Kuliah Sistem Kendali. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 10(3), 168-179.

Death, R. G., & Winterbourn, M. J. (1995). Diversity patterns in stream benthic invertebrate communities: the influence of habitat stability. Ecology, 76(5), 1446-1460.

Diarsanthi, N. L. R., Ratnaya, I. G., & Wiratama, W. M. P. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGUKURAN TEKNIK PADA INSTALASI RUMAH TANGGA BERBASIS MACROMEDIA FLASH DI MATA KULIAH PENGUKURAN TEKNIK: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGUKURAN TEKNIK PADA INSTALASI RUMAH TANGGA BERBASIS MACROMEDIA FLASH DI MATA KULIAH PENGUKURAN TEKNIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 11(3), 124-131.

Haselton, M. G., & Nettle, D. (2006). The paranoid optimist: An integrative evolutionary model of cognitive biases. Personality and Social Psychology Review, 10(1), 47-66.

Luthar, S. S., Cicchetti, D., & Becker, B. (2000). The construct of resilience: A critical evaluation and guidelines for future work. Child Development, 71(3), 543-562.

Saifuddin Azwar. 2012. Penyusunan Skala Psikologi (Edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Schyns, B., & Schilling, J. (2013). How bad are the effects of bad leaders? A meta-analysis of destructive leadership and its outcomes. The Leadership Quarterly, 24(1), 138-158.

Sugiyono. 2019 Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, Indonesia, Undang-Undang Nomor . 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan. Lembaran RI Tahun 2003, No. 20. Jakarta

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta.

Wiratama, W. M. P. (2018). Pengembangan perangkat dalam pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw pada Program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Published

2023-04-01