Pengembangan Media Pembelajaran Rangkaian RLC Seri Dan Paralel Pada Praktikum Rangkaian Listrik

Authors

  • Ari Nurjaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Suka Arsa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v12i1.50336

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat media pembelajaran Rangkaian RLC Seri dan Paralel yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran, untuk mengetahui kelayakan digunakan sebagai media pembelajaran dan mengetahui respon yang baik dari peserta didik pada mata kuliah Praktikum Rangkaian Listrik di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro. Penelitian ini, termasuk jenis penelitian R & D (Research and Development). Penelitian menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data oleh ahli isi (materi), ahli media dan peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh: hasil uji coba ahli isi diperoleh nilai persentase sebesar 96,87% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji coba ahli media diperoleh persentase sebesar 98,52% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji kelompok kecil hasil nilai responden terendah yaitu pada responden 3 (A3) dengan skor 161 sudah termasuk klasifikasi sangat baik, hasil uji kelompok besar hasil nilai responden terendah yaitu pada responden 1 dan 2 (A1 & A2) dengan skor 161 sudah termasuk klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran Rangakaian RLC Seri dan Paralel layak digunakan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Praktikum Rangkaian Listrik di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

References

Arikunto, 1996. “Prosedur Penelitian”. Jakarta: Rineka Cipta.

Falahudin, I. (2017). Pengaruh Brain Training Terhadap Tingkat Inteligensia Pada Kelompok Usia Dewasa Muda. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 6(2), 402 416. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/medico/article/view/18556 (diakses pada tanggal 13 februari 2022)

Koyan, I Wayan. 2012. “Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development”. Bandung: Alfabeta.

Sundari, N. K. A., Adiarta, A., & Wiratama, W. M. P. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KENDALI PADA INSTALASI MOTOR LISTRIK BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER DI SMK NEGMEDIA PEMBELAJARAN SISTEM KENDALI PADA INSTALASI MOTOR LISTRIK BERBASIS PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER DI SMK NEGERI 1 DENPASARERI 1 DENPASAR. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 10(1), 22-35.

Trisna, K. P., Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER HUKUM OHM DAN HUKUM KIRCHOFF PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 10(2), 79-90.

Wibawa, Putu., Ratnaya, G. Adiarta, A. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Rangkaian Listrik RLC Pada Praktikum Rangkaian Listrik. Skripsi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Fakultas Teknik Dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Wiratama, W. M. P. (2018). Pengembangan perangkat dalam pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw pada Program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Published

2023-04-01