Pengembagan Media Pembelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Negara

Authors

  • Semara Atmaja Universitas PendidikanGanesha
  • Agus Adiarta Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wayan Mahardika Prasetya Wiratama Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v12i1.50435

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu media pembelajaran berupa Trainer Dasar Listrik dan Elektronika untuk mata pelajaran Dasar Listrik dan Dasar Eektronika di Jurusan Teknik Audio Video di SMK Negeri 3 Negara. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian R&D (Reasearch and Development). Penelitian ini menggunakan teknik analisa statistik persentase untuk mengolah data ahli isi, ahli media, dan uji coba kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengambilan data ahli isi, ahli media, dan peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh: hasil uji validasi ahli isi sebesar 90.9% dengan kualifikasi sangat layak, uji validasi ahli media sebesar 95% dengan kualifikasi sangat layak, uji coba kelompok kecil dari 5 orang responden mendapatkan hasil terkcil responden terendah yaitu pada responden (R5) dengan skor 69 dengan klasifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok besar dari 10 orang responden mendapatkan hasil terkcil responden terendah yaitu  pada responden (A2), (A8) dan (A10) dengan skor 70 dengan klasifikasi sangat baik. Media pembelajaran berupa Trainer Dasar Listrik dan Elektronika untuk mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 3 Negara layak digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran Dasar Listrik dan Dasar Elektronika.

References

Aksara. Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arief S. Sadiman (2003). Media Pendidikan.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Arsyad Azhar. Buku elektronik

Blocher, Richard. 2003. Dasar Elektronika. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Blocher, Richard. 2003. Dasar Elektronika. Yogyakarta: C.V Andi Offset. Cekdin, C., & Barlian, T. 2013. Rangkaian Listrik. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Diarsanthi, N. L. R., Ratnaya, I. G., & Wiratama, W. M. P. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGUKURAN TEKNIK PADA INSTALASI RUMAH TANGGA BERBASIS MACROMEDIA FLASH DI MATA KULIAH PENGUKURAN TEKNIK: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGUKURAN TEKNIK PADA INSTALASI RUMAH TANGGA BERBASIS MACROMEDIA FLASH DI MATA KULIAH PENGUKURAN TEKNIK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 11(3), 124-131.

Hariyanto. 2012. “Pengertian Media Pembelajaran”. Tersedia pada http://belajarpsikologi.com/pengertian-media-pembelajaran/

Hotmaaulina Sihotang. 2020. “Materi Pembelajaran Pengembangan Pembelajaran”. Jakarta: UKI Press .

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Undiksha Press.

Munawaroh, I. (2014). Urgensi Penelitian dan Pengembangan. Yogyakarta.

N, Imam Muda. 2013. Elektronika Dasar. Malang: Gunung Samudera.

Rukajat, A. (2018). In Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach (p. 83). Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai Perangkat Pembelajaran Praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.

Published

2023-04-01