Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Pada Mata Kuliah Sistem Pembangkit Listrik di Prodi Pendidikan Teknik Elektro

Authors

  • Gede Mertayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Putu Suka Arsa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wayan Mahardika Prasetya Wiratama Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v12i1.50438

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuat Media Pembelajaran Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang akan digunakan untuk menunjang proses pembelajaran pada pada mata kuliah Sistem Pembangkit Listrik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau R&D (Reasearch and Develovment). Penelitian ini menggunakan teknik analisa statistik persentase untuk mengolah data ahli isi, ahli media, dan uji coba kepada peserta didik. Penelitian menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data ahli isi (materi), ahli media dan peserta didik. Dari hasil penelitian diperoleh: hasil uji coba ahli isi diperoleh nilai persentase sebesar 98,1% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji coba ahli media diperoleh persentase sebesar 100% dengan kualifikasi sangat layak, rentang sekor 5 responden pada uji kelompok kecil semuanya termasuk klasifikasi sangat baik dan hasil rentang skor 20 responden pada uji kelompok besar semuanya termasuk klasifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, Trainer Media Pembelajaran Sistem Pembangkit listrik Tenaga Air (PLTA) layak digunakan dan mendapatkan respon yang baik dari mahasiswa pada proses pembelajaran Sistem Pembangkit Listrik di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

References

Alamsyah, F., Notosudjono, D., & Soebagia, H. (2017). Studi Kinerja Generator Pembangkit Listrik Tenaga Air Ubrug Sukabumi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Teknik Elektro, 1(1), 2–4. https://jom.unpak.ac.id/index.php/teknikelektro/article/view/665

Aminudin, A. (2020). Simulasi Pengaruh Bentuk Dan Jumlah Sudu Kincir Air Undershot Terhadap Kecepatan Sudut Melalui Metode Computation Fluid Dynamics (Cfd) Menggunakan Software Ansys Fluent. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ananta. (2007). Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Air. 5–30. Andriani, W. (2020). Pentingnya Perkembangan Pembaharuan Kurikulum dan Permasalahannya. Universitas Lambung Mangkurat, 1–12. https://doi.org/10.35542/osf.io/rkjsg

Arikunto, 1996. “Prosedur Penelitian”. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2017. “Media Pembelajaran Edisi Revisi”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhar, H. Rayandra. 2012. “Kreatif Menegembangkan Media Pembelajaran”. Jakarta: Referensi.

Atapukang. (2016). Kreatif Membelajarkan Pembelajar Dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Tepat Sebagai Solusi Dalam Berkomunikasi. Ejournal Undiksha, 17(2), 45–52.

Bashofi, M. E., & Abidin, R. Z. (2018). Sistem kendali lampu jarak jauh pada. 10(2), 50–63. https://media.neliti.com/media/publications/277430-sistem-kendali-lampu-jarak-jauh-berbasis-25d95ca0.pdf?cv=1

Basori. (2016). Analisis Unjuk Kerja Turbin Air Pada Pusat Listrik Tenaga Air (Plta) Dengan Kapasitas 70 Mw. Jakarta :Universitas Nasional.

Becker, F. G., Cleary, M., Team, R. M., Holtermann, H., The, D., Agenda, N., Science, P., Sk, S. K., Hinnebusch, R., Hinnebusch A, R., Rabinovich, I., Olmert, Y., Uld, D. Q. G. L. Q., Ri, W. K. H. U., Lq, V., Frxqwu, W. K. H., Zklfk, E., Edvhg, L. V, Wkh, R. Q., … 2015. (ح, فاطمی(. Definisi PLTA. Syria Studies,7(1),37–72. https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/link/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reynal/Civilwars_12December2010.pdf%0Ahttps://thinkasia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625

Bush, T., & Coleman, M. (2012). Manajemen Mutu Kepemimpinan Pendidikan. IRCiSoD.

Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Harismandri, T., & Asral. (2017).“Pengujian Prestasi Kincir Air Tipe Overshot Di Irigasi Kampus Universitas Riau Dengan Penstock Bervariasi”. Pekanbaru, 2017.

Kadir, A. (1996). Pembangkit Tenaga Listrik. Universitas Indonesia (UI-Press). Rancangan Sistem Kontrol Operasi Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Kelly, T., Perez, M., & Fernanada. (2020). Media Pembelajaran. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Koyan. (2012). kualitatif dalam penelitian. Undiksha Pers. Alfabeta. https://ejournal.undiksha.ac.id

Koyan, I Wayan. 2012. “Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif”. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Prianto, E., Sunomo, M. S., & Maryadi, T. (2021). Development of Power Electronic Practicum Units for Vocational Education. Journal of Physics: Conference Series, 1737, 12043. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1737/1/012043

Ramdhani, Mohamad. 2008. “Rangkaian Listrik”. Bandung: Erlangga.

Riski, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Elektronika Digital Untuk Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPTE/article/view/23645.

Sudaryono,dkk. 2013. “Instrumen Penelitian Pendidikan”. Yogjakarta: Graha Ilmu,Edisi 1.

Sugiyono. 2009. “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D)”. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development”. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Developmen. Bandung: Alfabeta.

Trisna, K. P., Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER HUKUM OHM DAN HUKUM KIRCHOFF PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 10(2), 79-90.

Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai Perangkat Pembelajaran Praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.

Published

2023-04-01