Pengaruh Besaran Slip Terhadap Putaran Turbin dan Daya Output Yang Dihasilkan Pada Prototype PLTMH dengan Menggunakan Turbin Turgo

Indonesia

Authors

  • I Gede Rama Riantika UNUD
  • I Wayan Arta Wijaya Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Janardana Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v12i3.57745

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu media pembelajaran berupa alat pembelajaran Pendekteksi Detak Jantung dan Tensi Meter Digital Berbasis Arduino Uno pada mata kuliah Perancangan Instalasi Mesin Pendingin di program studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian (Analog to Digital Convert dan Motor Driver). Penelitian ini menggunakan teknik analisa statistik persentase untuk mengolah data ahli isi, ahli media, dan uji coba kepada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan kuesoner sebagai instrumen pengambilan data ahli isi, ahli media, dan mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh hasil uji validasi ahli isi sebesar 95,3% dengan kualifikasi sangat layak, uji validasi ahli media sebesar 100% dengan kualifikasi sangat layak, uji coba kelompok kecil dari 5 orang responden mendapatkan hasil kualifikasi sangat layak, dan uji coba kelompok besar 10 orang responden mendapatkan hasil dengan klasifikasi sangat tinggi. Media pembelajaran berupa alat pembelajaran Pendekteksi Detak Jantung dan Tensi Meter Digital Berbasis Arduino Uno pada mata kuliah Mikrokontroler di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha layak digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah Perancangan Mikrokontroler di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.

References

Guwowijoyo,F,A dan Heru B, P. "Probabilistic approach: back pressure turbine for geothermal vapor-dominated system." IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. Vol. 103. No. 1. IOP Publishing, 2017.

Amin, A., 2019. Pengaruh Variasi diameter pulley terhadap daya listrik yang dihasilkan pada prototype turbin pelton. Jurnal Teknik Mesin. Vol. 12. No. 1. p.7-12.

Apriansyah,. 2016. Rancang Bangun Sistem Pembangkit Listrik Mikrohidro (PLTMH) pada Pipa Saluran Pembuangan Air Hujan Vertikal. E Proceeding of Engineering : Vol.3, No.1. p. 45-53.

Bono. dan Suwarti, S., 2019. Variasi Jumlah Sudu Dan Modifikasi Bentuk Nosel Pada Turbin Turgo Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro. Eksergi, 15(2), p.81-92.

Bono., 2012 Kajian Eksperimental Turbin Turgo Dengan Variasi Sudut Nosel. Jurnal Teknik Energi Vol 8, No. 1, p.6-14

Raditya, I.G.N.A., Jasa, L. and Wijaya, I.W.A., 2021. Analisa Pengaruh Penambahan Gearboax Pada Turbin Archimedes Screw Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTH) Jurnal Spektrum, Vol.8, No.3, p.164- 174.

Rohman, A. 2009. Studi Perumusan Alternatif Skema Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) untuk Optimalisasi Potensi Energi dan Potensi Wisata Curug Cimahi. Bandung : Institut Teknologi Bandung.

Siburian, J.D., 2019. Analisa Slip Transmisi Pulleydanv-belt Pada Beban Tertentu Dengan Menggunakan Motor Berdaya Seperempat HP (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Mahmudi, H., 2021. Analisa Perhitungan Pulley dan V-Belt Pada Sistem Transmisi Mesin Pencacah. Jurnal Mesin. Vol.6, No.1. p. 55-63.

Fikri.2020. "Karya Ilmiah Terapan Penerapan Program Mable Logic Control (PLC) Sebagai Start-Stop Generator di atas Kabel (SV. Evimeria).

Published

2023-12-03