Pengembangan Media Pembelajaran Refrigerator Pada Prodi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha

Pengembangan Media Pembelajaran Refrigerator Pada Prodi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha

Authors

  • Agus Adiarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v10i3.61378

Abstract

Beberapa fenomena yang tidak terduga sebenarnya terjadi dalam pembelajaran teknik pendingin di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Salah satunya adalah rata-rata hasil belajar formatif materi Kulkas rendah yaitu 65 padahal harapannya minimal 80. Berdasarkan hasil wawancara awal dengan peserta didik, rendahnya hasil belajar formatif disebabkan media pembelajaran yang ada tidak mampu memberikan pengalaman. pembelajaran peserta didik yang bermakna. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar formatif materi Kulkas, diperlukan media pembelajaran baru yang lebih nyata memberikan pengalaman yang dapat diamati secara kasat mata terkait proses kerja sistem Kulkas. Media pembelajaran dibuat dengan menggunakan metode Research & Development. Media ini divalidasi oleh dua orang ahli dalam bidang pembelajaran refrigerasi dan bidang media pembelajaran. Media dapat memberikan pengalaman nyata kepada pengguna dan peserta didik serta mudah dioperasikan oleh pengajar atau dosen.

References

Arikunto. 1996. “Prosedur Penelitian”. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad,Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada

Daryanto. (2005). Teknik Pendingn: AC, freezer dan kulkas. Bandung: Yrama Widya.

Koyan. (2012). Statistik Pendidikan Teknik Analisa Data Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja: Bali

Sugiyono, Sanuaka (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development / R&D). Bandung: Alfabeta.

Sumanto. (2004). Dasar-dasra Mesin Pendingin. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2023-05-11