Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Kit Sensor Fisika dan Sensor Kimia Pada Mata Kuliah Sensor dan Transduser di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha
DOI:
https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i1.66549Abstract
Media Pembelajaran Trainer Kit Sensor Fisika dan Sensor Kimia, yang digunakan untuk menuniang proses pembelajaran, adapun Penelitian in menggunakan metode penelitian R&D (research and Development) dan menggunakan angket atau kuesioner sebagai instrument pensumpulan data oleh abli isi dan Ahli Media dan Mahasiswa. Dari hasil penelitian diperoleh Hasil uji Ahli Isi 98,43% dengan layak. Hasil uji responden kelompok kecil dari 5 orang mahasiswa responden mendapat skor terendah 87 dengan kualifikasi sangat baik, serta presentase 100%. Hail uji coba responden kelompok besar dari 14 orang mahasiswa responden mendapatkan skor terendah 87 dengan kualifikasi sangat baik, serta presentase 100%. Berdasarkan hail penelitian, Media Pembelajaran Trainer Kit Sensor Fisika dan Sensor Kimia layak digunakan dalam proses pembelajaran dalam mata kuliah sensor dan Tranduser.
References
Abdilah. 2015. Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Volume 10.
Araujo, Andre et. al. 2013. Integrating Arduino-based Educational Mobile Robots in ROS. International Conference on Mobile Robots and Competitions, Lisbon, Portugal
Arif, H. M., Suhirman, L., Karuru, P., Mawene, A., Supriyadi, A., Junaidin, M. P., ... & Prastawa, S. (2024). KONSEP DASAR TEORI PEMBELAJARAN. Cendikia Mulia Mandiri.
Arsyad. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Almasdi Syahza. 2021. Metodelogi Penelitian. Riau: UR Press
Asokhia. 2009. Rancang Bangun Trainer Sensor Berbasis Arduino." Jurnal Teknik Elektro Unnes, vol. 6, no. 2, 2014, doi:10.15294/jte.v6i2.3585.
Banzi. (2011). Getting Started with Arduino: The Open Source Electronis Prototyping Platform, (3rd Edition), Maker Media, Sebastopol, pp. 15-22.
Borg and Gall. 1998. Borg, W. R. and M. D. Gall. 1989. Educational Research: An Introduction. Fifth Edition. New York and London: Longman.
Carnneiro, Roberto. 2008. The International Commission on Education for the Twenty First Century.
Chandra A.R tahun 2018. Trainer KIT Sensor Berbasis ATMEGA32 Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Sensor dan Tranduser. Jurnal Jupiter, Vol. 2.
Deana, 2018. Rancangan Alat Pendeteksi Kebocoran Gas Liquefied Petroleum Gas (LPG) Berbasis arduino Internet of Things (IoT). Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Industri 2019.
Gerlach, 1971. Media pembelajaran mengenai bentuk dan warna berbasis multimedia. Jurnal Protekinfo Vol.1
Heinich, Robert, Michael Molenda, James D. Russel. 1982. Instructional Media: and the New Technology of Instruction, New York: Jonh Wily and Sons.
Kabul. 2017. Prototype Akses Gedung Perpustakaan Dilengkapi Sistem Peringatan Dini Kebakaran Berbasis Internet of Things. Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi system computer, Vol. 9
Mulyasa. 2004. Upaya mengaktifkan keaktifan siswa dalam belajar. Jurnal Elektronics, Informatics and Vocational Education (ELINVO) Vol. 1
Munir. 2008. Dampak teknolog informasi dalam bidang Pendidikan. Jurnal Of learning and Technology Vol. 1
Pracisitaram, I Gede Made Surya Bumi, dkk. 2022. IOT Based Automatic Counters for Classroom Capasity In The New Normal Era of Covid-19, Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer) Vol 5.
Prawansa, Gede Yogi Adi, dkk. 2022. Media Pembelajaran Sistem kendali Pensaklaran Jarak Jauh Berbasis IoT di prodi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. JPTE (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro) Vol. 11
Wiratama, W. M. P. (2023). KOMPARASI KESTABILAN POSISI PANEL SURYA MENGGUNAKAN PENGENDALI PID (PROPORTIONAL, INTEGRAL DAN DERIVATIVE) DENGAN FLC (FUZZY LOGIC CONTROL). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 14(1), 77-88.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.