Pengembangan Media Pembelajaran Bisnis Fotografi Berbasis Learnpress Pada Mata Kuliah Fotografi Bisnis

Authors

  • Muhammad Rofi'ul Ibad Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dr. Nyoman Santiyadnya, S.Si., M.T
  • Dr. I Putu Suka Arsa, S.T., M.T.

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i1.68649

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran bisnis fotografi dengan menggunakan Learning Management System Learnpress pada Mata kuliah Fotografi Bisnis, mengetahui kelayakan serta mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran bisnis fotografi dengan menggunakan Learning Management System Learnpress pada mata kuliah Fotografi Bisnis. penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket/kuesioner yang dinilai oleh Ahli isi, Ahli media, dan Mahasiswaaktif prodi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Pendidikan Ganesha. Hasil penelitian diperoleh: hasil uji validasi ahli isi mendapatkan persentase 98% termasuk kualifikasi sangat layak, hasil uji validasi ahli media mendapatkan persentase 87,5% Termasuk kualifikasi sangat layak, hasil skor uji coba kelompok kecil dengan 5 responden semuanya termasuk kualifikasi sangat baik, dan hasil rentang skor uji kelompok besar dengan 15 responden semuanya termasukkategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran bisnis fotografi dengan menggunakan Learning Management Systempada Mata kuliah Fotografi Bisnis layak digunakan pada proses pembelajaran Fotografi Bisnis.

References

Arif, H. M., Suhirman, L., Karuru, P., Mawene, A., Supriyadi, A., Junaidin, M. P., ... & Prastawa, S. (2024). KONSEP DASAR TEORI PEMBELAJARAN. Cendikia Mulia Mandiri.

Arsa, I. P. S., & Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis e Modul Instalasi Penerangan Listrik dan Tata Cahaya Untuk Mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro Undiksha. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(3), 312-321.

Arsa, I. P. S., Sutaya, I. W., & Wiratama, W. M. P. (2022, February). FOCV-ased Control Scheme for a Hybrid Solar Panels Application. In IConVET 2021: Proceedings of the 4th International Conference on Vocational Education and Technology, IConVET 2021, 27 November 2021, Singaraja, Bali, Indonesia (p. 292). European Alliance for Innovation.

Ayu, D. P., & Amelia, R. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis E-Learning di Era Digital. Prosiding Samasta.

Dhika, H., Destiawati, F., Surajiyo, S., & Jaya, M. (2020). Implementasi learning management system dalam media pembelajaran menggunakan Moodle. Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 2, 228–234.

Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100.

Ratnaya, I. G., & Wiratama, W. M. P. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PEMBELAJARAN REFRIGERATOR BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH PERANCANGAN INSTALASI MESIN PENDINGIN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI PEMBELAJARAN REFRIGERATOR BERBASIS ANDROID PADA MATA KULIAH PERANCANGAN INSTALASI MESIN PENDINGIN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 11(2), 105-111.

Rusdiana, A. (2014). Konsep inovasi pendidikan. Pustaka Setia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, (2012).

Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Praktis. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 79-87.

Published

2024-04-01