Penerapan Model PjBL (Project Based Learning) Berbantuan Alat Trainer Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Instalasi Penerangan Listrik Siswa Kelas XI TKL-2 di SMK Negeri 3 Singaraja

Authors

  • I Gede Arya Sutarja Kajeng Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Wayan Mahardika Prasetya Wiratama Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i2.77340

Abstract

Penelitan bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan Penerapan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Berbantuan Alat Trainer, menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian menggunakan Model Kemmis dan Taggart terdiri dua siklus, setiap siklus dilaksankan empat kali pertemuan. Subjek Penelitian 35 peserta didik kelas XI TKL-2 SMK Negeri 3 Singaraja dan. Objek Penelitian yaitu Penerapan Model PjBL Berbantuan Alat Trainer. Metode pengumpulan data menggunakan tes Essay, Observasi aktivitas peserta didik, dan guru, serta dokumentasi. Teknik Analisis dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif yaitu presentase hasil kinerja guru dan kuantitatif adalah nilai ketuntasan belajar individual, rata-rata dan presentase hasil belajar. Hasil Siklus I sebesar 77,14% dan Siklus II adalah 94,29%, siklus I berada pada kategori kurang, yaitu 31 dinyatakan tuntas sedangkan pada siklus II terdapat33 dinyatakan tuntas. Sehingga penerapan model pembelajaran PBjL berbantuan alat trainer dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Konsentrasi Keahlian kelas XI TKL-2 di SMK Negeri 3 Singaraja Tahun ajaran 2023/2024.

References

Alfarisi, Ilham, 2021. “Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Geomatika SMK PU Negeri Bandung”. Bandung : Skripsi (tidak diterbitkan) Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/68685/4/S_TB_1701766_Chapter3.pdf.

Allivna, dan Istiyono Edi, 2016. “Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Afektif dan Psikomotor Peserta Didik Pada Model Pembelajaran Kooperatif Metode Team Games Tournament (TGT) Dalam Mata Pelajaran Fisika SMA”. Artikel (tidak diterbitkan) Universitas Negeri Yogyakarta.

Asmara, 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Bantuan Gambar Dan Video Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Di Kelas X MM 2 SMK Negeri 3 Singaraja”. Skripsi (tidak diterbitkan) Universitas Pendidikan Ganesha.

Hanief, Yulingga, dan Himawanto, Wasis 2017. “Statistik Pendidikan” 1_Statistik Pendidikan.pdf

Permana, 2015. “Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI TAV 1 Di SMK Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi (tidak diterbitkan) Universitas Pendidikan Ganesha.

Salim, Mahmudi, 2015. “Modul Penelitian Tindakan Kelas dan Karya Tulis Ilmiah Non Penelitian”www.repository.uibanten.ac.id.http://repository.uinbanten.ac.id/5024/1/ Modul%20Penelitian%20Tindakan%20Kelas.pdf.

Suda, 2020. “Pengembangan Media Pembelajaan Trainer Instalasi Penerangan Listrik Inbow Portable Pada Mata Kuliah Dasar – Dasar Instalasi Listrik Di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro Undiksha”. Skripsi (tidak diterbitkan) Universitas Pendidikan Ganesha.

Yasa, 2018. “Pengaruh Penerapan Metode Demontrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TITL Di SMK Negeri 3 Singaraja Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Tahun Ajaran 2018/ 2019”. Skripsi (tidak diterbitkan).

Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai perangkat pembelajaran praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.

Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif quick on the draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187-197.

Wiratama, W. M. P. (2023). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Praktis. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 12(1), 79-87.

Wibawa, 2018. “Penerapan Model Pembelajaran PjBL (PROJECT BASED LEARNING) Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TAV I Di SMK Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2017/2018”. Skripsi (tidak diterbitkan) Universitas Pendidikan Ganesha.

Published

2024-08-02