Pengembangan Media Pembelajaran Doorlock Berbasis Internet of Things Pada Mata Kuliah Sistem Kendali Otomatis

Authors

  • I Ketut Alit Darma Wijaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Agus Adiarta Ganesha University of Education
  • I Gede Made Surya Bumi Pracasitaram Ganesha University of Education

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjpte.v13i3.83388

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan Media Pembelajaran Doorlock Berbasis Internet Of Things Mata Kuliah Sistem Kendali Otomatis, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Doolock Berbasis Internet Of Things, serta untuk mengetahui respon yang diberikan oleh mahasiswa S1 Pendidikan Program Studi Teknik Elektro terhadap media pembelajaran. Metode penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket atauu lembar kuesioner yang melibatkan ahli isi, ahli mediia, serta mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, uji validasi oleh ahli isi menunjukkan persentase sebesar 95,83%, yang dikategorikan sebagai sangat layak. Sementara itu, uji validasi oleh ahli media menghasilkan persentase sebesar 98,53%, juga dengan kualifikasi sangat layak. Pada uji coba kelompok kecil sebanyak 5 responden, skor terendah yang diperoleh adalah 39, dengan persentase sebesar 93,18%, yang termasuk kategori sangat tinggi. Sedangkan untuk uji coba kelompok besar sebanyak 20 responden, skor terendah yang diperoleh adalah 37, dengan persentase sebesar 91,36%, yang juga masuk dalam kategori sangat tinggi.

References

Putra, L. V., Suryani, E. (2020). PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL MELALUI BUDAYA SEKOLAH PADA SISWA SDN GENUK 01. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume 2, Nomor 1(hlm. 29-31).

Wiratama, W. M. P. (2018). Pengembangan perangkat dalam pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw pada Program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 3 Singaraja.

Rokhaeni, E., Karim, A. (2023). Pengaruh Implementasi Nilai-Nilai Kepramukaan terhadap Nilai-Nilai Antikorupsi pada Siswa SMA Islam Sudirman Bruno. Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan, Volume 11, Nomor 1 (hlm. 32-39).

Arif, H. M., Suhirman, L., Karuru, P., Mawene, A., Supriyadi, A., Junaidin, M. P., ... & Prastawa, S. (2024). Konsep Dasar Teori Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.

Siti Fadila Nurul Fitri. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Timbusai, Volume 5, Nomor 1 (hlm. 1617 – 1620).

Wiratama, W. M. P. (2020). Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif quick on the draw. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 187-197.

Nurmaidah.(2009). MEDIA PENDIDIKAN. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, Volume 5, Nomor 1 (hlm. 106-115).

Saputra, M. J. 2018. SISTEM KENDALI CERDAS STATER MOBIL BERBASIS ANDROID. Skripsi. Program Studi Teknik Informatika. UPB.

Kharisma, L. P. I., Pracasitaram, I. G. M. S. B., dkk. 2024. Internet Of Things: Pengenalan dan Penerapan Teknologi IoT, Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Wiratama, W. M. P. (2019). Handout sebagai perangkat pembelajaran praktis. Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya, 42(2), 158-169.

Pandelaki, S., Sitanaya, L., & Liem, M. (2023). “SISTEM PENDETEKSI JATUH BERBASIS INTERNET OF THINGS”.

Wiratama, W. M. P. (2023). KOMPARASI KESTABILAN POSISI PANEL SURYA MENGGUNAKAN PENGENDALI PID (PROPORTIONAL, INTEGRAL DAN DERIVATIVE) DENGAN FLC (FUZZY LOGIC CONTROL). Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 14(1), 77-88.

Sugiyono, N. A 2019. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (KUANTITATIF, KUALITATIF, KOMBINASI, R&D DAN PENELITIAN TINDAKAN), Bandung:Alfabeta.

Published

2024-12-03