Pengembangan Media Video Pembelajaran Sweet Bread Pada Mata Kuliah Bakery di Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner.

Development of Sweet Bread Learning Video Media in Bakery Course in Culinary Arts Vocational Education Study Program.

Authors

  • I Gusti Ayu Eka Putri Maharani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Sukerti Ni Wayan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Raka Marsiti Cokorda Istri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jk.v4i2.83429

Keywords:

Media Video Pembelajaran, Model 4D, Sweet Bread.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menghasilkan media video pembelajaran sweet bread pada mata kuliah bakery di Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner, untuk mendeskripsikan kelayakan media video pembelajaran sweet bread  oleh para ahli serta untuk mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap media video pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D ( Research & Development ) dengan mempergunakan model pengembangan 4D yang melalui 4 tahapan yaitu define, design, development dan disseminate. Responden dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner semester 6 dan 8 yang sudah menempuh mata kuliah bakery pada semester sebelumnya.  Penelitian ini menggunakan penilaian skala likert serta kuesioner yang disebarkan kepada ahli dan responden mahasiswa untuk mengumpulkan data selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.  Adapun data yang diperoleh menghasilkan media video pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan 4D yang layak berdasarkan uji ahli dapat dikategorikan “Sangat Layak” dengan persentase uji ahli materi sebesar 98%, uji ahli desain pembelajaran  sebesar 90% dan uji ahli media pembelajaran sebesar 98%. Dan  hasil  responden mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner sebesar 84,2% menyatakan bahwa media video pembelajaran sweet bread pada mata kuliah bakery di Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner dapat katagori “Sangat Setuju” digunakan sebagai media video pembelajaran. 

 

Kata Kunci : Media Video Pembelajaran, Model 4D, Sweet Bread.

 

Author Biographies

Sukerti Ni Wayan, Universitas Pendidikan Ganesha

Dosen di Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner Universitas Pendidikan Ganesha. 

Raka Marsiti Cokorda Istri, Universitas Pendidikan Ganesha

Dosen di Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner, Universitas Pendidikan Ganesha.

References

Andriani, R., Khoerunisa, F., Pariwisata, A., Sarana, B., Bandung, I., Ungu, U. J., & Industry, H. (2020). Kreasi Pizza Ubi Jalar Ungu Sebagai Peluang Usaha Home Industry. Jurnal Kajian Pariwisata, 2(2), 52–62.

Anindya Vania Salsabila, I., Ningsih, R., & Arofah, L. (2020). Management Of Education Pengembangan Instrumen Keterbukaan Diri Berbasis Media Permainan Dam Quiz Pada Peserta Didik Tingkat Smp. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(4), 1–10.

Anindya Vania Salsabila, I., Ningsih, R., & Arofah, L. (2020). Management Of Education Pengembangan Instrumen Keterbukaan Diri Berbasis Media Permainan Dam Quiz Pada Peserta Didik Tingkat Smp. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(4), 1–10.

Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 29-98. Https://Doi.Org/10.24269/Dpp.V0i0.2298

Iswara, J. A., Julianti, E., Nurminah, M., Studi, P., Pangan, T., Universitas, F. P., & Utara, S. (2019). Characterization Texture Of Sweet Bread From Flour , Starch , Fiber And Anthocyanin Pigment Of Purple Sweet Potatoes. Jurnal Pangan Dan Agro Industri, 7(4), 12–21.

Marsiti, C. I. R., Santyasa, I. W., Sudhata, I. G. W., & Sudarma, I. K. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Elemen Pengolahan Makanan Dan Minuman Sub Elemen Hidangan Soup. Jptk, 20(1), 35–45.

Moto, M. M., Kristen, U., & Wacana, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan. Journal Of Primary Education 3(1), 20–28.

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod Iii. Pensa : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Pensa

Pebriani, N. L. P., Japa, I. G., & Antara, P. (2021). Video Pembelajaran Berbantuan Youtube Untuk Meningkatkan Daya Tarik Siswa Belajar Perubahan Wujud Benda. Mimbar Pgsd Undiksha, 9(3), 397-407. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V9i3.37980

Rosyidah, N., Hidayat, J. N., & Azizah, L. F. (2019). Uji Kelayakan Media Uriscrap (Uri Scrapbook) Menggunakan Model Pengembangan 4d. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan Ipa, 9(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.24929/Lensa.V1i1.43

Salsabila, A. H., Iriani, T., Handoyo, S. S. (2023). Penerapan Model 4d Dalam Pengembangan Video Pembelajaran Pada Keterampilan Mengelola Kelas. Jurnal Pendidikan West Science, 01(08), 495–505.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantittif, Kualitatif, Kombinasi, R&D. Jurnal Pendidikan, 1–283. Https://Www.Scribd.Com/Embeds/691644831/Content?Start_Page=1&View_Mode=Scroll&Access_Key=Key-Ffexxf7r1bzefwu3hkwf

Tegeh K, Is. Ad. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4d Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166.

Thiagarajan, Sivasailan, & Lawhon, D. (1976). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children: A Sourcebook. Journal Of School Psychology, 14(1), 75-195. Https://Doi.Org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Ulandari, W., & Santaria, R. (2020). Strategi Pengembangan Profesionalitas Guru Melalui Pendidikan Dan Pelatihan. Kelola: Journal Of Islamic Education Management, 5(1), 57–68. Https://Doi.Org/10.24256/Kelola.V5i1.1412

Downloads

Published

2024-08-28

Issue

Section

Articles