KINERJA PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH BERDASARKAN BALANCED SCORECARD

Authors

  • Gusti Ngurah Hary Andayana .
  • Gede Putu Agus Jana Susila, S.E.,MBA .
  • Drs. Wayan Cipta,M.M .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan (1) kinerja PT Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Seririt tahun 2014 ditinjau dari perspektif keuangan, (2) kepuasan nasabah yang ditinjau dari perspektif pelanggan, (3) proses inovasi dan tingkat efektivitas kinerja yang ditinjau dari perspektif bisnis internal, (4) kepuasan karyawan yang ditinjau dari perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptip kuantitatif yang di dalamnya memberikan penjelasan tentang kinerja PT Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Seririt dengan menggunakan metode Balanced Scorecard. Data dikumpukan dengan menggunakan dokumentasi, kuesioner, dan wawancara; yang selanjutnya dianalisis dengan rasio, analisis Manufacturing Cycle Effectiveness, analisis kepuasan pelanggan dan kepuasan karyawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kinerja PT Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Seririt Tahun 2014 yang ditinjau dari perspektif keuangan secara keseluruhan cukup baik, (2) ditinjau dari perspektif pelanggan hasilnya puas, (3) ditinjau dari perspektif proses bisnis internal hasilnya belum efektif, dan (4) ditinjau dari perspektif pertumbuhan dan pembelajaran hasilnya puas. .
Kata Kunci : Balanced Scorecard & Penilain Kinerja

This study aimed to obtain findings (1) the performance of Regional Development Bank Bali Branch Seririt 2014 in terms of the financial perspective, (2) customer satisfaction were evaluated from the perspective of the customer, (3) the process of innovation and effectiveness level of performance in terms of internal business perspective (4) The employee satisfaction in terms of learning and growth perspective. This research is descriptive quantitative study in which provides an explanation of the performance of PT Bank Bali Regional Development Branch Seririt using the Balanced Scorecard. Data dikumpukan using documentation, questionnaires and interviews; which is then analyzed by the ratio, Cycle Manufacturing Effectiveness analysis, analysis of customer satisfaction and employee satisfaction. The results showed that: (1) the performance of Regional Development Bank Bali Branch Seririt 2014 were reviewed from a financial perspective as a whole is quite good, (2) in terms of the customer's perspective the results are satisfied, (3) in terms of internal business process perspective the results are not yet effective, and (4) in terms of learning and growth perspective the results are satisfied.
keyword : Balanced Scorecard & Performance Assessmen

Published

2016-02-29

How to Cite

., G. N. H. A., ., G. P. A. J. S. S., & ., D. W. C. (2016). KINERJA PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH BERDASARKAN BALANCED SCORECARD . Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/6596

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>