KINERJA LEMBAGA PERKREDITAN DESA (LPD) DESA ADAT TUKAD MUNGGA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD

Authors

  • Erma Eka Satriani .
  • Gede Putu Agus Jana Susila, S.E.,MBA .
  • Drs. Wayan Cipta,M.M .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja LPD Desa Adat Tukad Mungga dengan menggunakan metode Balanced Scorecard ditinjau dari: (1) perspektif keuangan, (2) perspektif pelanggan, (3) perspektif bisnis internal, dan (4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Subyek penelitian adalah LPD Desa Adat Tukad Mungga. Obyek penelitian adalah kinerja keuangan dan non keuangan LPD Desa Adat Tukad Mungga. Data dikumpulkan dengan pencatatan dokumen, kuesioner dan wawancara, dan dianalisis dengan metode Balanced Scorecard. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Rata–rata LDR sebesar 89,5% masuk dalam kriteria cukup baik, ROA sebesar 3,39% masuk dalam kriteria baik, BOPO sebesar 88% masuk dalam kriteria baik, dan NPL sebesar 5,52% masuk dalam kriteria kurang baik, (2) Rata-rata Indeks Kepuasan Pelanggan dari masing-masing dimensi kualitas pelayanan sebesar -0,44 masuk dalam kriteria cukup puas, (3) nilai Manufacturing Cycle Effectiveness belum mencapai 1 sehingga bisa dikatakan tidak efektif, dan (4) Rata-rata Indeks Kepuasan Karyawan dari masing-masing dimensi kualitas pelayanan sebesar -0,16 masuk dalam kriteria puas.
Kata Kunci : Balanced Scorecard, Kinerja.

The aims of this research is to know the performance of LPD Desa Adat Tukad Mungga if measured with Balanced Scorecard method be observed from: (1) financial perspective, (2) customer perspective, (3) internal business perspective, and (4) learning and growth perspective. The research subject is LPD Desa Adat Tukad Mungga. The research object is financial performance and non-financial performance LPD Desa Adat Tukad Mungga. The data collected by documentation technique, questionnaires and interview, and it’s analyzed by Balanced Scorecard method. The results showed that: (1) LDR is 89,5% include in the criteria satisfied, ROA 3,39% include in the criteria satisfied, BOPO 88% include in the criteria satisfies, and NPL 5,52% included in the criteria less satisfied, (2) The customer satisfaction index average of each dimension of service quality is -0,44 included in the criteria fairly satisfied, (3) Manufacturing Cycle Effectiveness value has not reached the 1,so it ineffective, and the employee satisfaction index average of each service quality dimension is -0,16 include in the criteria satisfied.
keyword : Balanced Scorecard, Performance

Published

2021-07-28

How to Cite

., E. E. S., ., G. P. A. J. S. S., & ., D. W. C. (2021). KINERJA LEMBAGA PERKREDITAN DESA (LPD) DESA ADAT TUKAD MUNGGA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD. Jurnal Manajemen Indonesia, 5(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/9554

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>