Pengembangan Prosedur Operasional Standar (POS) Room Attendant Pada Mata Kuliah Tata Graha, Program Studi Perhotelan DIII di Universitas Pendidikan Ganesha
DOI:
https://doi.org/10.23887/jmpp.v1i1.22081Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prosedur operasional standar yang dapat diterapkan pada mata kuliah Tata Graha pada Program Studi Perhotelan Diploma III, untuk sub mata kuliah room attendant. Tuntutan pekerjaan yang semakin tinggi di hotel, khususnya pada departemen tata graha (housekeeping) menyebabkan lulusan harus memahami standar kerja atau prosedur operasional standar hotel yang selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu demi menciptakan kualitas produk dan layanan hotel. Pada kesempatan ini peneliti melakukan penelitian pada hotel yang berada pada manajemen starwood yang berlokasi di kawasan pariwisata Nusa Dua. Berdasarkan observasi dan wawancara diperoleh dua puluh standar yang dapat diadopsi untuk digunakan sebagai acuan dalam proses belajar mengajar. Adapun prosedur operasional standar untuk petugas kamar (room attendant) yang dimaksud adalah grooming, report to manager, answer telephone, assignments, cleaning supplies caddie, entering guest room, guest in room, room cleaning order, check out room, clean floor, making bed, clean toilet, clean shower wall, amanities, clean furniture, vacuum room, leave room, return cleaning supplies, turn in keys, end of shift.
Kata kunci : prosedur operasional standar, housekeeping, room attendant.
References
Angela Knox, Chris Warhurst, Dennis Nickson dan Eli Dutton. 2015. More Than A Feeling: Using Hotel Room Attendants To Improve Understanding Of Job Quality. The International Journal of Human Resource Management. Vol. 26, No. 12,
–1567
Ben Walker. 2012. Housekeeping The Heart of Hotels. HOSPITALITY. ISSUE 23.
Schneider, M., Tucker. G., & Scoviak- Lerner, M. 1999. The professional housekeeper (4thed.). New York, NY, USA: John Wiley.
Suzanne De Treville, John Antonakis, dan Norman M. Edelson. 2005. Can Standrad Operating Procedures be Motivating? Reconciling Process Variability Issues and Behavioural Outcomes. Total Quality Management. Volume 16, Nomor 2, Pg. 231-241, March 2005.
Routledge Taylor & Francis Group