Strategi Penanganan Event Pada Hotel The Laguna, A Luxury Collection Resort & Spa, Nusa Dua, Bali

Authors

  • Gusti Ayu Sukasari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Gede Parma Universitas Pendidikan Ganesha
  • A.A.N.Y.M. Mahardika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v2i1.22082

Abstract

Abstrak Penanganan event sangat penting dijaga kualitasnya karena hotel sebagai organizer adalah bagian dari kesuksesan acara yang diselenggarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas penanganan pada hotel The Laguna, a Luxury Collection Resort & Spa, Nusa Dua, Bali. Sumber data yang diperoleh dengan mengadakan observasi dan wawancara langsung kepada narasumber yang menangani event secara langsung. Hasil penelitian dimasukkan secara deskriptif dan diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa dalam penanganan event sudah berdasarkan Prosedur Operasional Standar (POS) hotel yang telah ditetapkan. Masalah yang sering timbul yaitu terdiri dari masalah terprediksi dan tidak bisa diprediksi. Masalah terprediksi dapat diantisipasi dengan mempelajari event yang akan berlangsung dari susunan acara yang sudah tersusun. Masalah yang tidak bisa diprediksi membutuhkan kebijaksanaan di lapangan sesuai masalah yang timbul. Oleh karena itu, komunikasi, koordinasi dan persiapan yang matang sangat diperlukan untuk bisa memberikan penanganan yang lebih maksimal sehingga acara yang terselenggara berjalan lancar dan sukses.

Kata kunci: event, kualitas, manajemen event, dan penanganan



Abstract In Hotel, the quality of event organizing is important to be maintained. This study aimed at exploring the quality to find out how the quality of handling event at the Laguna, a Luxury Collection Resort & Spa, Nusa Dua, Bali. The data were obtained through observation and face-to-face interview. The data were analyzed descriptively. The findings showed that the event organizing was based on Standard Operational Procedure (SOP). Some problems occured, some were predictable while others were unpredictable. The predicted problems were anticipated by studying the upcoming event carefully. The unpredicted problems required the operational officers’s wisdom and solutions. Communication, coordination, and well-preparation were needed to have the smooth and successful event organizing.

Keywords: events, quality, management events, and handling

References

Aida dkk. 2014. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Indika Kreasindo Event Organizser Pekanbaru. Universitas Riau. Tersedia pada https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFEKON/article/view/5418. Diakses pada 10 April 2019, pukul 12.40.

Andriani. 2018. Proses Pelaksanaan Event Meeting Di Banquet Section Hotel Premiere Pekanbaru. Jom Fisip. Vol. 5. No. 1. Tersedia pada https://media.neliti.com/media/publications/199482-proses-pelaksanaanevent-meeting-di-banq.pdf. Diakses pada 10 April 2019, pukul 12.45.

Dewi, Mutia dan Runyke, Marcha. 2013. Peran Public Relations Dalam Manajemen Event: Studi Terhadap Peran Public Relations Galleria Mall dan Plaza Ambarrukmo Dalam Pengelolaan Event Tahun 2013. Jurnal Komunikasi. Vol. 8. No. 1. Hal. 85. Tersedia pada https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/6468/5827. Diakses pada 10 April 2019, pukul 14.24.

H. Malayu S.P. Hasibuan. 2003. Manajemen, Cetakan Kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Hafidz, Ibnu Novel. 2007. Mengulik Bisnis Event Organizer. Yogyakarta: Gava Media

Handoko, Hani T. 2003. Manajemen. Yogyakarta: BPFE

Lupiyoadi dan Hamdani. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek, Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Narti dkk. 2019. “Analisis Kepuasan Pelanggan SPG Pro Melalui CEI Pada Penanganan Group Event Sheraton Bali Kuta Resort”. Forum Manajemen Vol 17, No. 1. Tersedia pada https://drive.google.com/file/d/1hSosQJH11DxPKd4MTEo8sluKqy1Tj9vO/view. Diakses pada 10 April 2019, pukul 12.05.

Noor, Any. 2013. Manajemen Event Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta

Prihanto, Agus dkk. 2013. Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Korporat Untuk Acara MICE Terhadap Kualitas Pelayanan Hotel HSTH. Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta. Tersedia pada http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/18776. Diakses pada 10 April 2019, pukul 13.32.

Salma dkk. 2018. Pengaruh Kerjasama Kitchen Section Dengan Banquet Section Terhadap Kualitas Penyelenggaraan Event Di Hotel Best Western. Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta. Tersedia pada http://jurnal.stpss.ac.id/index.php/JPI/article/view/124/107. Diakses pada 10 April 2019, pukul 12.35.

Suhendra, Fernando. 2015. Manajemen Event Pameran Pernikahan Tradisional Lintaswarna. Universitas Islam Bandung.

Sulistiono, Ari Budi. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap. Universitas Diponegoro Semarang. Tersedia pada http://eprints.undip.ac.id/22627/1/full_skripsi.pdf. Diakses pada tanggal 17 Mei 2019, pukul 23.13.

Sulistyowati, Harisma. 2015. Manajemen Event JPD2316. Diktat. Politeknik Negeri Jakarta.

Widyatatik dkk. Tinjauan Tentang Peranan Banquet Service Terhadap Tingkat Kepuasan Tamu Dalam Penyelenggaraan Event Di Hotel The Sunan Surakarta. Sekolah Tinggi Pariwisata Surakarta. Tersedia pada http://jurnal.stpss.ac.id/index.php/JPI/article/view/38/29. Diakses pada 10 April 2019, pukul 13.05.

www.google.com. 20019. Peta Hotel The Laguna, Nusa Dua Bali. Tersedia pada https://www.google.com/maps/place/The+Laguna+Resort+%26+Spa+Nusa +Dua,+Bali+The+Luxury+Collection/@- 8.4322133,115.1089801,10z/data=!4m5!3m4!1s0x0:0xdb311c654377bf82! 8m2!3d-8.7973822!4d115.2307704. Diakses pada tanggal 25 April 2019, pukul 10.00.

Downloads

Published

2019-11-26

Issue

Section

Articles