Meningkatkan Kualitas Produk Pastry Di Anantara Seminyak Bali Resort Melalui Pengolahan Bahan Baku

Authors

  • Luh Putu Sukawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Made Ary Widiastini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Indah Rahmawati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v2i1.22084

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk pastry yang di jual di hotel Anantara Seminyak Bali Resort dan strategi yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas produk pastry di hotel Anantara Seminyak Bali Resort. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Executive Sous Chef, Chef Pastry, Chef de Partie dan Staff Kitchen Anantara Seminyak Bali Resort. Objek penelitian ini adalah strategi dalam meningkatkan kualitas produk pastry di hotel Anantara Seminyak Bali Resort. Teknik analisis yang dipergunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi produk pastry yang dijual di hotel Anantara Seminyak Bali Resort adalah rendahnya penjualan produk pastry dan bahan baku untuk pembuatan kue. Strategi yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas produk pastry di hotel Anantara Seminyak Bali Resort adalah membuat inovasi baru yang membuat keunikan di setiap penyajian, hygiene dan sanitasi, serta menjaga dan meningkatkan kualitas makanan.

Kata Kunci: Produk pastry, Bahan baku, Kualitas produk Anantara Seminyak Bali


Abstract This study aims to find out pastry products sold at Anantara Seminyak Bali Resort hotels and the strategy carried out in improving the quality of pastry products in Anantara Seminyak Bali Resort hotel. Data collection methods used are observation, interviews and documentation. The subjects in this study were the Sous Executive Chef, Pastry Chef, Chef de Partie and Kitchen Staff Anantara Seminyak Bali Resort. The object of this research is a strategy in improving the quality of pastry products at the Anantara Seminyak Bali Resort hotel. The analysis technique used is qualitative descriptive analysis. The results of the study indicate that the factors that influence the pastry products sold at the Anantara Seminyak Bali Resort hotels is low sales of pastry products and raw materials for making cake, the strategy carried out in improving the quality of pastry products at the Anantara Seminyak Bali Resort hotels is making new innovations which makes it unique in every presentation, hygiene and sanitation, and maintaining and improving food quality.

Keywords: Pastry products, Raw materials, Product quality Anantara Seminyak Bali

References

Arikonto. (2016). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Schiffman dan Kanuk. 2007. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Sihite, Richard. 2000. Food Product (Dasar-Dasar Tata Boga). Surabaya: Penerbit SIC.

Subagjo, Adjab. 2007. Manajemen Pengolahan Kue dan Roti, Yogyakarata: Graha Ilmu.

Syarbini, STP,M.Husin. 2013. A-Z Bakery, Solo: Tiga Serangkai.

Tia, Setiani. 2013. Apa itu pastry http:/pastrykuaja.blogspot.co.id/2013/10/apaitu-pastry.html. Diakses tanggal 9 April 2019.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

P.H.,S.E, Bartono & E.M.,S.E, Ruffino. 2010. Tata Boga Industri, Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2019-11-26

Issue

Section

Articles