Strategi Bali Paragon Resort Hotel untuk Meningkatkan Pendapatan di Masa Pandemi Covid-19 melalui Pemasaran Staycation

Authors

  • Made Ade Natashia Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Indah Rahmawati Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.35913

Keywords:

Bali Paragon Resort Hotel, Staycation, Strategi Pemasaran

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimanakah Bali Paragon Resort Hotel dapat meningkatkan pendapatan melalui tren wisata staycation ini. Bali Paragon Resort Hotel merupakan salah satu pelaku wisata terutama pihak penyewa akomodasi yang memanfaatkan tren wisata yang baru ini, yaitu tren wisata staycation untuk ditawarkan dan dijual kepada konsumen. Penelitian ini dilakukan di Bali Paragon Resort Hotel dengan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data primer yang dikumpulkan melalui wawancara dari 10 orang responden yaitu staff front office dan sales department yang direkrut melalui teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang melibatkan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian, dan penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Strategi pemasaran yang digunakan Bali Paragon Resort Hotel dalam meningkatkan pendapatan di masa pandemi Covid-19 melalui pemasaran staycation, serta (2) Paket wisata staycation Bali Paragon Resort Hotel dalam memenuhi kebutuhan wisatawan di Bali. Dimana dari kedua hasil penelitian tersebut Bali Paragon Resort Hotel dapat memaksimalkan strategi pemasaran yang digunakan melalui ulasan dari wisatawan untuk dapat meningkatkan pendapatan di masa pandemi.

References

Badan Pusat Statistik 2020a. Jumlah wisatawan asing ke Bali dan Indonesia. http://surl.li/fsepa

Badan Pusat Statistik. 2020b. Kunjungan wisatawan domestik ke Bali per bulan. Badan Pusat Statistik. http://surl.li/fsepi

Wikipedia. (2021). Staycation. https://en.wikipedia.org/wiki/Staycation

Mahdayani, W. (2020). Membaca pasar pariwisata. DESMA Center For Sarasehan Stars#3.

Saleh. (2019). Konsep dan strategi pemasaran. Makasar: Sah Media

Sari, N., & Syariah, F. (2012). Produk jasa keuangan perbankan dalam perspektif Islam. Jurnal Syariah, XIV(2), 199–212.

Yusran, M. (2021). Informasi PHRI dan Dampaknya Terhadap Covid-19. http://surl.li/fseqd

Published

2023-03-24

Issue

Section

Articles